Gambar mobile wadah makanan dengan puree sayur dan buah Gambar mobile wadah makanan dengan puree sayur dan buah

Cara Mencuci Food Container MPASI yang Tepat

Mulai usia 6 bulan
30 June 2023
Mulai usia 6 bulan
30 June 2023

Menjaga kebersihan perlengkapan makan si Kecil merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Pasalnya, sistem kekebalan tubuh pada bayi belum terbentuk sempurna sehingga si Kecil lebih rentan terhadap infeksi. Sementara alat makan bisa menjadi salah satu jalan masuk kuman dan bakteri ke dalam tubuh si Kecil.

Oleh karena itu Bunda, menjaga kebersihan alat makan bayi, termasuk food container MPASI, sangat penting untuk diperhatikan agar mengurangi risiko si Kecil terpapar kuman maupun bakteri.

Cara Membersihkan Food Container MPASI

Mempersiapkan MPASI setiap hari memang bisa menjadi tantangan tersendiri, ya Bunda. Terlebih jika Bunda memasak sendiri MPASI untuk si Kecil. Sehingga salah satu solusinya adalah memasak MPASI dalam jumlah banyak untuk kemudian disimpan dalam food container.

Untuk itu, Bunda perlu menjaga kebersihan dan higienitas food container MPASI. Berikut beberapa langkah membersihkan food container:

  • Cuci tangan terlebih dahulu

Pastikan selalu Bunda menyentuh semua peralatan makan si Kecil dengan tangan yang bersih. Ini penting untuk mencegah kuman dan bakteri dari tangan Bunda berpindah ke alat makan si Kecil.

Cuci tangan menggunakan sabun selama minimal 20 detik untuk memastikan kuman dan bakteri mati. Kemudian bilas di bawah air yang mengalir. Langkah ini tetap harus dilakukan meskipun Bunda sudah memilih food container MPASI terbaik untuk si Kecil.

  • Lepaskan semua bagian alat MPASI

Beberapa alat makan si Kecil bisa terdiri dari beberapa bagian. Karenanya, sebelum membersihkannya, lepas semua bagian dari alat makan tersebut terlebih dahulu agar setiap sudut bisa turut dibersihkan dan tidak ada bagian yang terlewat. Terlebih lagi, biasanya sisa makanan dapat terselip di antara bagian-bagian alat makan si Kecil.

  • Gunakan spons atau sikat terpisah

Cara mencuci food container MPASI yang bagus adalah dengan membedakan spons dan sikat untuk peralatan makan bayi dengan alat makan anggota keluarga yang lain. Ini bertujuan agar kotoran, kuman, dan bakteri dari alat makan lain tidak berpindah ke peralatan MPASI.

Selain itu, jangan terlalu lama membiarkan alat makan MPASI yang kotor. Usahakan segera mencucinya setelah selesai digunakan, ya Bunda.

Baca Juga: 5 Peralatan MPASI yang Perlu Disiapkan

  • Bilas dan rendam di air hangat

Untuk memastikan tidak ada kuman dan bakteri pada alat makan si Kecil, Bunda bisa menggunakan air hangat untuk membersihkannya. Bila perlu rendam dalam air mendidih selama 5 menit. 

Penting untuk memperhatikan jenis alat makan yang digunakan. Pastikan Bunda memilih food container MPASI tahan panas agar tidak mudah rusak saat dicuci dalam air hangat.

  • Gunakan alat sterilisasi

Bila diperlukan Bunda bisa menggunakan alat sterilisasi untuk memastikan alat makan MPASI si Kecil selalu dalam keadaan steril dan higienis.

Bila tidak memiliki alat sterilisasi, Bunda bisa melakukan sterilisasi dengan cara merebus peralatan makan si Kecil. Pastikan alat makan yang digunakan aman untuk direbus dan tahan panas. Saat merebus, pastikan seluruh bagian peralatan MPASI dalam keadaan terendam air.

Setelah mencuci alat makan MPASI ,perhatikan juga cara penyimpanannya, ya Bunda. Pastikan untuk menyimpan di tempat yang aman dari bakteri .

Tak hanya menjaga peralatan MPASI selalu higienis, yang tidak kalah penting Bunda perhatikan adalah asupan MPASI untuk si Kecil. Selalu berikan MPASI yang kaya kandungan gizi dan terbuat dari bahan makanan pilihan.

Memasak sendiri MPASI untuk si Kecil memang bisa jadi hal yang menyenangkan, namun bila Bunda tidak punya banyak waktu, tidak ada salahnya memberi MPASI fortifikasi.

Bunda bisa memberikan Nestlé CERELAC Bubur Sereal untuk si Kecil. CERELAC Bubur Sereal untuk bayi mulai usia 6 bulan dibuat dengan bahan alam pilihan yang dikeringkan. Juga mengandung tinggi zat besi, dilengkapi Omega 3 & 6, serta diperkaya 11 vitamin dan 6 mineral.

Bagi Si Kecil umur 6 bulan, CERELAC Bubur Sereal dengan tekstur lembut bisa menjadi salah satu pilihan MPASI pertamanya. Tersedia pilihan rasa Beras Merah, Kacang Hijau atau Apel Jeruk Pisang. Selain itu, Bunda juga bisa memilih berbagai varian lain melalui halaman ini. 

Untuk si Kecil mulai usia 8 bulan, tersedia CERELAC Bubur Sereal Homestyle yang tak hanya enak tapi juga tekstur yang pas. Tersedia pilihan rasa Bubur Tim Sayur, Ayam Wortel, dan Bubur Tim Daging Sayur. 

CERELAC dengan kandungan nutrisi yang diformulasikan khusus, dibuat dengan bahan alam terpilih, berkualitas dan higienis, dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian si Kecil.

Ingat, ya Bunda. Selalu perhatikan dan jaga kebersihan food container MPASI si Kecil agar ia terhindar dari virus dan bakteri. Selain itu, berikan selalu MPASI yang bergizi agar si Kecil dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

Artikel Lainnya
Sajian MPASI Sesuai Usia si Kecil yang Nikmat dan Bernutrisi 6 bulan

Hal-hal yang Perlu Bunda Pahami Seputar MPASI dan Bubur Nestlé CERELAC

Bingung Pilih MPASI Instan untuk si Kecil? Simak Penjelasan Ini 6 bulan

Bingung Pilih MPASI Instan untuk si Kecil? Simak!

Perhatikan Bunda, Ini Tanda Si Kecil Kekurangan Gizi 6 bulan

Penyebab dan Tanda Anak Kurang Gizi