Gambar mobile Ibu dan Ayah sedang memberi makan bayi mereka dengan Cerelac Gambar mobile Ibu dan Ayah sedang memberi makan bayi mereka dengan Cerelac

Perlukah Memiliki Kursi Makan Bayi di Rumah? Simak di Sini!

Mulai usia 6 bulan
14 June 2023
Mulai usia 6 bulan
14 June 2023

Ketika Si Kecil makin bertambah usia dan aktif, Bunda biasanya sering kesulitan saat menyuapinya saat makan jika ia tidak dapat duduk dengan nyaman.

Mungkin Bunda berpikir untuk mulai menggunakan kursi makan bayi. Tapi apakah sebenarnya si Kecil perlu makan di kursi khusus untuk bayi? Apa sih manfaat memakai kursi makan khusus bagi si Kecil?

Yuk, Bunda, simak ulasan seputar kursi makan untuk bayi hingga tips cara memilih kursi makan terbaik untuk si Kecil.

Kapan Bayi Dapat Mulai Menggunakan Kursi Makan?

Sebelum Bunda memutuskan menggunakan kursi makan bayi, ada baiknya lebih dulu memastikan bahwa si Kecil sudah siap untuk memakainya. Bagaimana caranya?

Cukup perhatikan apakah si Kecil sudah mampu duduk dengan tegak. Biasanya, bayi sudah dapat duduk dengan bantuan kemudian duduk sendiri setelah berusia 6 bulan. Selain itu, si Kecil juga harus sudah mampu menahan dan menggerakkan kepalanya .

Di usia 6 bulan si Kecil juga sudah mulai bisa diberi MPASI untuk memenuhi kebutuhan gizinya yang terus bertambah. Karenanya, Bunda mungkin membutuhkan kursi makan bayi 6 bulan agar lebih mudah saat menyuapinya.

Namun perlu diingat, untuk mulai melatih bayi setelah usia 6 bulan makan di kursi bayi, sebaiknya menunggu Si Kecil sudah benar-benar bisa duduk dengan stabil .

Manfaat Memakai Kursi Makan untuk Bayi

Meskipun si Kecil sudah bisa duduk tegak, Bunda mungkin masih ragu apakah perlu menggunakan kursi makan bayi. Berikut ini beberapa manfaat dari penggunaan kursi makan untuk bayi:

1. Menjaga bayi di tempat aman saat makan

Kursi makan bisa menjadi tempat yang aman bagi si Kecil saat makan. Jangan lupa kaitkan dan kencangkan tali pengaman agar si Kecil tidak terjatuh. Tetap awasi setiap saat untuk memastikan keamanan si Kecil.

2. Mengurangi risiko bayi tersedak

Saat makan si Kecil bisa menjadi sangat aktif dan banyak bergerak. Dengan duduk di kursi makan, si Kecil tetap dalam posisi duduk ketika makan sehingga mengurangi risiko tersedak.

3. Mendorong bayi belajar makan sendiri

Anak belajar dari menirukan hal yang dilakukan orang tua. Mengajak Si Kecil makan bersama anggota keluarga lainnya, membuatnya mulai memperhatikan dan mulai meniru cara makan. Untuk memulainya, Bunda bisa menempatkan bayi di kursi makan khusus dan jangan lupa pasang pengamannya.

Baca Juga: Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Tentukan Menu Awal MPASI

Memilih Kursi Makan Terbaik untuk Bayi

Bunda tentu ingin memilih kursi makan bayi terbaik bagi si Kecil. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih kursi makan bayi:

  • Perhatikan fungsi dan fitur kursi makan bayi. Pilih yang sesuai kebutuhan, seperti ada papan tempat makanan dan tali pengaman, dan pengatur ketinggian.
  • Pilih kursi makan yang mudah dibersihkan, karena si Kecil yang sedang belajar makan sendiri biasanya membuat kursi makan cepat kotor.
  • Pilih kursi dengan daya tahan kuat dan tidak mudah rusak.
  • Pilih ukuran yang sesuai dengan si Kecil dan pertimbangkan juga luas ruang di rumah.
  • Pilih kursi makan bayi terbaik namun masih sesuai anggaran.

Tips Aman Menggunakan Kursi Makan Bayi

Memakai kursi tempat makan bayi memang dapat memudahkan saat menyuapi si Kecil. Tapi selalu perhatikan keamanan saat menggunakannya, terutama jika menggunakan kursi bayi yang tinggi. Berikut ini tips aman menggunakan kursi makan untuk bayi saat menyuapi si Kecil:

  • Pastikan kursi makan bayi berada di atas permukaan yang rata.
  • Pastikan sabuk pengaman kursi terpasang.
  • Jauhkan kursi makan bayi dari sumber bahaya, seperti lilin, pisau, atau barang pecah belah.
  • Ajarkan si Kecil untuk tidak berdiri di kursi makan.
  • Pastikan bagian seperti pengatur ketinggian kaki kursi dalam posisi terkunci.
  • Tetap awasi dan temani si Kecil selama duduk di kursi makannya.

Tapi Bunda, meskipun sudah memilih kursi makan terbaik dan memahami cara yang aman menggunakannya, tentu waktu makan si Kecil tetap tidak akan optimal bagi tumbuh kembangnya jika Bunda tidak memberikan asupan makanan yang bergizi.

Disamping pemberian ASI, Bunda bisa memberikan Si Kecil Nestlé CERELAC Homestyle saat Ia berusia enam bulan. Nestlé CERELAC Homestyle merupakan bubur MPASI fortifikasi yang terinspirasi dari masakan Bunda. Mengandung zat besi, omega 3 & 6, serta diperkaya 11 vitamin dan 6 mineral.

Tak hanya bergizi, bubur CERELAC Homestyle memiliki rasa gurih dan tekstur yang tepat untuk si Kecil. Tersedia dalam tekstur lembut untuk si Kecil usia 6 bulan dan tekstur yang lebih kasar untuk usia mulai 8 bulan.

Setelah membaca ulasan di atas, semoga sudah lebih paham tentang penggunaan kursi makan bayi ya, Bunda.

Artikel Lainnya
Sajian MPASI Sesuai Usia si Kecil yang Nikmat dan Bernutrisi 6 bulan

Hal-hal yang Perlu Bunda Pahami Seputar MPASI dan Bubur Nestlé CERELAC

Manfaat Bubur untuk si Kecil dan Cara Tepat Mengenalkannya 6 bulan

Manfaat Bubur untuk si Kecil dan Cara Tepat Mengenalkannya

Bingung Pilih MPASI Instan untuk si Kecil? Simak Penjelasan Ini 6 bulan

Bingung Pilih MPASI Instan untuk si Kecil? Simak!