4 Ide Camilan Sehat untuk Si Kecil 4 Ide Camilan Sehat untuk Si Kecil

Pilihan Ide Camilan Sehat untuk Anak yang Hobi Nyemil

02 September 2021
facebook icon whatsapp icon

Bunda, saat si Kecil sudah genap berusia 1 tahun, semakin banyak variasi camilan sehat yang bisa diberikan, lho. Camilan atau makanan selingan ini, selain untuk mengisi perut si Kecil di antara waktu makan, juga merupakan bagian dalam pemenuhan gizi anak. Oleh karena itu, makanan selingan tentu harus berupa camilan yang sehat. 

Nah, apa saja contoh camilan sehat untuk anak usia 1 tahun? Apakah camilan sehat untuk anak hanya berupa buah atau bisa diberikan pilihan lain seperti CERELAC Nutripuffs? Di bawah ini adalah penjelasan singkat untuk membantu Bunda memilih camilan sehat untuk si Kecil. Baca, yuk! 

 

Apa yang Harus Diperhatikan saat Memilih Camilan untuk Anak? 

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Bunda memilih camilan sehat untuk anak. 

  • Sama seperti makanan pokok, camilan untuk anak perlu bergizi, rendah Lemak dan gula, tentunya dengan porsi lebih sedikit dibandingkan makanan pokok. 

  • Bebas dari bahan pangan yang berbahaya, termasuk bahan yang dilarang oleh BPOM. 

  • Terjaga kebersihan saat pengolahan maupun saat penyajian. 

  • Ukuran camilan sesuai untuk usia si Kecil sehingga tidak membuatnya mudah tersedak. 

  • Pilih camilan yang memang dirancang untuk usia si Kecil. Misalnya yang ukurannya pas untuk tangan anak dan juga mudah lumat atau lumer ketika terkena cairan. Salah satu contohnya adalah CERELAC Nutripuffs. 

Baca Juga: Camilan Sehat untuk Bayi Usia 12 Bulan  

Apa Contoh Camilan Sehat untuk Anak? 

1. Buah segar 

Buah tentunya bisa menjadi pilihan camilan sehat untuk anak. Hal yang perlu Bunda perhatikan adalah sebaiknya menyajikan buah potong sebagai camilan, dan bukan jus buah. Jangan lupa untuk mengupas dan membuang bijinya ya, Bunda. Contoh camilan sehat dari buah yang dapat Bunda sajikan adalah pisang, alpukat, apel atau pir kukus, dan sebagainya. Memberikan buah potong sebagai camilan juga dapat membantu memenuhi kebutuhan Vitamin dan Mineral anak. 

2. Sayuran 

Untuk menyajikan sayur sebagai camilan sehat, Bunda dapat menyajikan sayuran kukus seperti potongan wortel, brokoli, atau ubi dengan ukuran yang sesuai dengan usia anak. Sama seperti buah, sayuran sebagai camilan dapat membantu memenuhi kebutuhan Vitamin dan Mineral anak. 

3. Yoghurt Tawar 

Yoghurt tawar bisa jadi pilihan camilan sehat karena selain mengandung Probiotik, juga mengandung Kalsium, Lemak Sehat, Protein, dan Karbohidrat.  

4. Camilan yang Dirancang Khusus untuk Anak Usia 1 Tahun 

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Bunda juga bisa memilih camilan sehat yang memang dirancang untuk si Kecil. Misalnya CERELAC Nutripuffs yang dirancang khusus untuk pengalaman belajar makan yang menyenangkan. Selain lezat, juga kaya Zat Besi, ukurannya pas dan mudah dipegang anak, meleleh di mulut, dan dipanggang, bukan digoreng. 

CERELAC Nutripuffs bisa diberikan kepada Si Kecil sejak ia berusia 1 tahun. Terbuat dari bahan pilihan dan mengandung Vitamin serta Mineral. Camilan ini juga tidak mengandung MSG maupun tambahan garam. CERELAC Nutripuffs juga memiliki varian rasa yaitu Nutripuffs Banana & Strawberry dan Nutripuffs  Banana & Orange. Yuk, coba semua rasanya!