Alasan Berat Badan Si Kecil Turun Saat Diberi MPASI Alasan Berat Badan Si Kecil Turun Saat Diberi MPASI

Mengapa Berat Badan Bayi Turun Setelah MPASI? Ini Penyebabnya!

02 September 2021
02 September 2021

Berat badan ideal anak erat hubungannya dengan asupan nutrisi yang ia dapat. Agar berat badannya naik, jumlah asupan kalori perlu lebih besar daripada kalori yang dikeluarkan. Jadi, terhambatnya kenaikan berat badan si Kecil di antaranya bisa terjadi karena kurangnya asupan kalori, kalori yang masuk tidak dapat diserap dengan baik, atau tubuh anak membakar terlalu banyak kalori. Bunda juga dapat segera berdiskusi dengan dokter anak apabila berat badan si Kecil tidak sesuai dengan berat badan ideal anak usianya. 

Lalu, normalkah berat badan turun si Kecil saat mulai diberi MPASI? Di awal masa pemberian MPASI, beberapa hal dapat terjadi yang mungkin mengakibatkan berat badan anak turun. Berikut ini adalah beberapa contohnya. 

 

1. Jumlah MPASI yang Kurang 

Banyaknya MPASI perlu diberikan sesuai dengan usia anak. Di usia 6 bulan MPASI diperlukan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi anak. Karenanya MPASI yang terlalu sedikit dapat menghambat kenaikan berat badan sehingga tidak mencapai berat badan ideal anak.

 

2. Jumlah MPASI yang Terlalu Banyak 

Memberikan MPASI yang terlalu banyak juga dapat membuat berat badan si Kecil turun, lho. Jika si Kecil diberi MPASI melebihi kebutuhannya, ia bisa terlalu kenyang saat waktunya menyusu. Sebagian besar kebutuhan kalori anak di usia ini masih dipenuhi dari pemberian ASI. 

 

Baca Juga: Tips Siapkan MPASI Bergizi Lengkap untuk Si Kecil

 

3. Kandungan Nutrisi pada MPASI Kurang Sesuai dengan Kebutuhan Anak 

Misalnya, terlalu banyak satu jenis sumber pangan sehingga kandungan nutrisi dalam MPASI yang diberikan tidak seimbang. Seperti terlalu banyak memberikan buah dan kurang memberikan bahan pangan lainnya. Kandungan nutrisi yang tak seimbang ini dapat mengganggu berat badan ideal anak.  

 

4. Si Kecil Menolak atau Sulit Diberi MPASI 

Di awal masa pemberian MPASI, bukan hanya Bunda, tetapi si Kecil pun tengah beradaptasi dengan pola makan yang baru. Ada yang dengan lahap menyantap MPASI yang diberikan, tetapi ada pula yang sulit atau bahkan menolak.   

 

Bagaimana Memastikan Asupan Nutrisi Anak Terjaga saat Diberi MPASI? 

Pertama, tentu saat MPASI diberikan di usia 6 bulan, si Kecil harus tetap menyusu. MPASI juga diberikan secara tepat, yaitu tepat waktu di usia 6 bulan diberikan dengan cara yang benar tanpa paksaan sesuai respon anak, mengandung bahan yang aman, disiapkan dengan cara yang higienis, diberikan dengan perangkat makan yang bersih, dan tentunya mengandung energi dan nutrisi seimbang yang dapat memenuhi kebutuhan anak. 

CERELAC Bubur Sereal Susu merupakan MPASI yang bergizi dan praktis. Terbuat dari bahan alam, tinggi Zat Besi serta diperkaya 11 Vitamin dan 6 Mineral untuk bantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil. Terdapat berbagai varian rasa seperti Bubur Sereal Susu Wortel, Bayam & Labu, Bubur Sereal Susu Pisang, Bubur Sereal Susu Beras Merah, dan Bubur Sereal Susu Ayam Sayur. Bunda sudah pernah coba? Coba sekarang dan dukung tumbuh kembang si Kecil! 

Artikel Lainnya