Adakah Buah yang Tidak Boleh untuk MPASI? Simak Penjelasan Berikut! Adakah Buah yang Tidak Boleh untuk MPASI? Simak Penjelasan Berikut!

Adakah Buah yang Tidak Boleh untuk MPASI? Cek Penjelasan Ini!

Mulai usia 6 bulan
25 March 2024
Mulai usia 6 bulan
25 March 2024

Bunda tentu setuju bahwa buah merupakan salah satu jenis makanan yang baik bagi tubuh. Buah juga dikenal memiliki banyak kandungan gizi vitamin dan mineral yang bagus untuk kesehatan, sehingga sering dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari.

Namun bolehkah buah menjadi menu MPASI untuk si Kecil? Atau adakah jenis buah yang tidak boleh untuk MPASI?

Manfaat Buah untuk MPASI

Sudah tahu kan Bunda, kalau si Kecil harus mendapatkan tambahan asupan makanan selain ASI sejak mulai usia 6 bulan. Makanan pendamping ASI atau MPASI ini penting untuk memenuhi kebutuhan gizi si Kecil yang terus bertambah dan tidak lagi terpenuhi hanya dari ASI.

Pemberian MPASI juga bertujuan mengenalkan dan melatih si Kecil agar terbiasa mengonsumsi makanan padat sehingga keterampilan makannya dapat berkembang.

Saat berusia 6 bulan, si Kecil masih dalam tahap belajar makan dan mengunyah. Itulah mengapa, MPASI pertama harus bertekstur lembut agar mudah ditelan, seperti bubur halus atau puree.

Bunda juga bisa memberi si Kecil MPASI dari buah dan sayuran, namun harus disesuaikan teksturnya dengan keterampilan makan si Kecil. Untuk MPASI 6 bulan, Bunda bisa memberi buah atau sayuran yang sudah dihaluskan menjadi puree.

Dengan memperhatikan tekstur yang tepat maka si Kecil juga bisa memperoleh manfaat dari buah sebagai MPASI, seperti:

  • Mengenalkan tekstur dan rasa makanan yang beragam kepada si Kecil.
  • Meningkatkan nafsu makan si Kecil karena buah biasanya memiliki warna cerah yang menarik.
  • Meningkatkan sistem imun tubuh melalui kandungan vitamin dan mineral, seperti vitamin C dalam buah jeruk dan stroberi.
  • Membantu sistem pencernaan karena buah biasanya kaya akan serat makanan dan air.

Baca Juga: Peralatan MPASI Sederhana yang Bisa Jadi Pilihan

Buah yang Bagus untuk MPASI

Buah memiliki banyak manfaat dan bagus untuk MPASI si Kecil. Namun dari banyaknya jenis buah-buahan, Bunda mungkin menjadi bertanya-tanya buah apa yang paling baik untuk MPASI?

Semua buah pada dasarnya boleh dikonsumsi bayi, namun beberapa buah berikut bisa menjadi pilihan menu MPASI si Kecil:

1. Pisang

Tekstur buah pisang yang lembut menjadikan buah ini cocok untuk si Kecil yang baru belajar makan makanan padat. Pisang juga kaya serat yang baik untuk pencernaan si Kecil, serta tinggi vitamin B6 dan vitamin c. Pisang juga kaya mineral kalium yang baik untuk kesehatan jantung dan menjaga tekanan darah.

2. Alpukat

Bunda bisa menyajikan buah alpukat yang dipotong kecil-kecil maupun dilumat hingga menjadi puree. Gizi yang terkandung dalam alpukat di antaranya serat, vitamin C, E, K, folat, magnesium, dan kalium.

3. Buah naga

Buah naga merupakan sumber vitamin A dan C yang bagus untuk MPASI. Selain itu, juga kaya kandungan serat, karbohidrat, serta mineral kalsium, zat besi, dan magnesium. Tekstur buah naga juga lunak sehingga cocok disajikan sebagai MPASI dalam bentuk puree maupun jus buah.

4. Apel

Apel menjadi salah satu buah yang cocok dikenalkan kepada si Kecil sebagai MPASI. Bunda bisa mengukus hingga lunak kemudian melumatnya hingga halus atau memberikan buah apel yang dipotong menjadi fingered food agar bisa digenggam dan dimakan sendiri oleh anak. Buah apel kaya gizi seperti serat, vitamin C dan kalium.

Adakah Buah yang Tidak Boleh untuk MPASI?

Seperti telah disinggung di atas, pada dasarnya semua jenis buah aman dikonsumsi bayi selama diberikan dalam jumlah dan tekstur yang sesuai, serta dengan cara yang tepat.

Namun ada beberapa hal yang bisa menjadikan [buah yang tidak boleh untuk MPASI], di antaranya:

1. Buah yang terlalu asam

Buah yang memiliki kadar keasaman tinggi seperti jeruk sebaiknya tidak diberikan terlalu banyak kepada bayi di bawah 12 bulan. Ini untuk mencegah gangguan pada sistem pencernaan si Kecil. Selain itu, asam dari buah juga bisa memicu ruam pada kulit bayi.

2. Buah tinggi kandungan gula

Buah mengandung gula alami. Namun gula yang terlalu tinggi tidak baik untuk bayi karena bisa memicu obesitas. Buah dengan kandungan gula tinggi contohnya adalah durian, sehingga menjadikan durian buah yang tidak boleh untuk MPASI 6 bulan. Namun Bunda bisa memberikan sedikit durian pada si Kecil, sekitar 1 suap, untuk mengenalkan rasa durian.

3. Buah berukuran sedang

Salah satu risiko buah sebagai MPASI adalah bayi bisa tersedak. Bisa karena biji maupun ukuran buah. Karenanya, Bunda perlu memperhatikan ukuran buah saat hendak memberikannya pada si Kecil. Cara mencegahnya, potong buah hingga ukuran yang aman untuk dimakan si Kecil. Begitu juga untuk finger food dari buah. Dampingi si Kecil saat makan untuk mencegah risiko tersedak.

4. Buah dalam kemasan

Produk buah dalam kemasan biasanya telah ditambahkan dengan gula sebagai pemanis dan pengawet. Begitu juga dengan jus buah dalam kemasan yang umumnya telah ditambahkan gula. Meski buah yang menjadi bahan jus baik, tambahan gula dalam jus kemasan menjadikannya MPASI buah yang tidak boleh untuk anak. Bunda perlu memperhatikan label kemasan jus untuk mengetahui tambahan gula nya

Untuk mendapatkan manfaat buah dalam MPASI, Bunda juga bisa memilih CERELAC Nestle Bubur Sereal sebagai MPASI si Kecil. Tersedia berbagai pilihan rasa di antaranya CERELAC Bubur Sereal Susu Pisang, Bubur Sereal Apel Jeruk Pisang, dan Bubur Sereal Susu Wortel Bayam Labu.

Nestle CERELAC Bubur Sereal merupakan MPASI instan yang telah diperkaya vitamin dan mineral untuk bantu memenuhi kebutuhan gizi harian si Kecil mulai usia 6 bulan dan mendukung tumbuh kembang yang optimal.

Demikianlah ulasan tentang buah yang tidak boleh untuk MPASI. Sudah tidak bingung lagi kan, Bunda?

Artikel Lainnya
Sajian MPASI Sesuai Usia si Kecil yang Nikmat dan Bernutrisi 6 bulan

Hal-hal yang Perlu Bunda Pahami Seputar MPASI dan Bubur Nestlé CERELAC

Bingung Pilih MPASI Instan untuk si Kecil? Simak Penjelasan Ini 6 bulan

Bingung Pilih MPASI Instan untuk si Kecil? Simak!

Ini Buah yang Bisa Dikenalkan di MPASI Pertama Si Kecil 6 bulan

Buah yang Bisa Dikenalkan di Awal MPASI