set makan silikon untuk bayi image mobile set makan silikon untuk bayi image mobile

Peralatan MPASI Sederhana yang Bisa Jadi Pilihan untuk si Kecil

Mulai usia 6 bulan
15 June 2023
Mulai usia 6 bulan
15 June 2023

Bunda tentu ingin selalu memberikan yang terbaik untuk si Kecil, termasuk dalam hal makanan pendamping ASI atau MPASI. Selain menggunakan bahan makanan berkualitas, cara mengolahnya pun perlu diperhatikan.

Tapi Bunda, memilih peralatan untuk MPASI tidak perlu mahal, kok. Meskipun menggunakan peralatan yang sederhana, Bunda tetap bisa mengolah bahan-bahan berkualitas menjadi MPASI yang sehat dan bergizi untuk si Kecil.

Apa saja peralatan MPASI sederhana yang bisa Bunda gunakan? Yuk, simak ulasannya!

Menyiapkan MPASI untuk Si Kecil

Pemberian MPASI bisa dimulai setelah si Kecil berusia 6 bulan. Pemberian MPASI bertujuan untuk bantu mencukupi kebutuhan gizi harian bayi yang sudah tidak lagi dapat dipenuhi hanya dari pemberian ASI.

Menyiapkan MPASI pertama untuk si Kecil perlu memperhatikan teksturnya. Pada bulan-bulan awal, Bunda bisa memberikan MPASI dengan tekstur yang lembut. Barulah setelah beberapa waktu tekstur MPASI ditingkatkan seiring perkembangan kemampuan makan si Kecil.

Untuk bayi usia 6-9 bulan, berikan MPASI bertekstur lembut dan lunak agar lebih mudah dicerna, seperti bubur saring (puree) dan lumat (mashed). Saat bayi berusia 9-12 bulan, biasanya kemampuan makan si Kecil sudah meningkat sehingga Bunda bisa memberi MPASI bertekstur lebih kasar.

Baca Juga: Panduan Mengenalkan Bubur Tim Sebagai MPASI

Memanfaatkan Peralatan MPASI Sederhana

Bunda mungkin berpikir ingin membeli berbagai peralatan MPASI modern agar dapat memberikan menu terbaik bagi si Kecil. Namun sebenarnya, berbagai peralatan MPASI sederhana ini juga bisa menghasilkan masakan berkualitas.

  • Saringan

Untuk bayi yang baru pertama mendapat MPASI, yang terbaik adalah makanan dengan tekstur yang halus seperti puree. Bunda bisa memanfaatkan saringan yang ada di dapur untuk membuat puree tomat dan bubur saring.

  • Panci dan kukusan

Kedua alat yang juga umum tersedia di dapur ini berguna untuk merebus dan mengukus bahan makanan sebelum diolah menjadi MPASI dengan tekstur yang lebih lembut. Bunda bisa memasak bubur atau merebus telur menggunakan panci, mengukus wortel dan tomat menggunakan kukusan agar lebih mudah saat dihaluskan menjadi MPASI.

  • Alat parut

Sesuai namanya, alat parut atau parutan berfungsi untuk memarut bahan makanan menjadi ukuran yang lebih kecil. Alat parut praktis untuk mengolah wortel, kentang, dan lainnya menjadi ukuran yang lebih mudah disantap si Kecil sebagai MPASI.

  • Cobek

Setiap dapur pasti memiliki alat sederhana ini yang ternyata bisa menjadi salah satu peralatan MPASI terbaik. Bunda bisa menggunakan cobek dan ulekan untuk menghaluskan kentang atau sayuran yang telah dikukus maupun direbus menjadi MPASI bertekstur lembut hingga kasar.

Menyajikan MPASI dalam berbagai tingkatan tekstur baik untuk melatih kemampuan makan si Kecil, lho. Tapi disarankan menggunakan cobek yang berbeda dengan yang biasa Bunda gunakan untuk mengulek cabai atau bumbu masakan agar tidak mengontaminasi MPASI.

  • Wadah penyimpanan

Saat memasak MPASI sendiri, terkadang Bunda akan membuat sekaligus untuk beberapa kali waktu makan si Kecil. Untuk menjaga kualitas MPASI, Bunda bisa memasukkannya ke dalam wadah penyimpanan kemudian disimpan di lemari pendingin.

Ketika akan disajikan, cukup keluarkan MPASI secukupnya kemudian panaskan sebentar sebelum diberikan kepada si Kecil.

Bunda juga perlu menyiapkan alat makan MPASI peralatan bayi. Meskipun awalnya, bayi akan lebih mudah mengambil makanan menggunakan tangan, tidak ada salahnya menyiapkan alat makan bayi agar si Kecil bisa berlatih makan sendiri.

Bayi bisa mulai berlatih memegang dan menggunakan sendok dan garpu di usia 10-12 bulan. Awalnya, cara makan si Kecil akan berantakan. Bunda tidak perlu cemas karena hal itu adalah bagian dari pembelajaran.

Selain sendok garpu, si Kecil juga perlu berlatih menggunakan cangkir minum sendiri. Ia bisa mulai belajar memakai cangkir di usia 9 bulan dan akan semakin baik seiring bertambahnya usia. Berikan kesempatan ia berlatih makan sendiri sebanyak mungkin.

Tak hanya menyiapkan MPASI buatan sendiri, Bunda bisa memberi si Kecil MPASI instan agar tidak bosan. Bunda bisa memilih Nestlé CERELAC Bubur Sereal untuk si Kecil yang telah berusia 6 bulan.

CERELAC Bubur Sereal dibuat menggunakan bahan alam pilihan yang dikeringkan, diperkaya 11 vitamin dan 6 mineral, mengandung tinggi zat besi, serta dilengkapi Omega 3 & 6.

Bagi Si Kecil umur 6 bulan, CERELAC Bubur Sereal dengan tekstur lembut bisa menjadi MPASI pertamanya. Tersedia pilihan rasa Beras Merah, Kacang Hijau atau Apel Jeruk Pisang. Selain itu, Bunda juga bisa memilih berbagai varian lain melalui halaman ini. 

Untuk si Kecil mulai usia 8 bulan, tersedia CERELAC Bubur Sereal Homestyle yang tak hanya bergizi tapi juga tekstur yang pas. Tersedia pilihan rasa Bubur Tim Sayur, Ayam Wortel, dan Bubur Ayam Bawang. 

CERELAC dengan kandungan nutrisi yang diformulasikan khusus, dibuat dengan bahan alam terpilih, berkualitas dan higienis, dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian si Kecil.

Demikian Bunda, dalam membuat MPASI tidak harus menggunakan peralatan mahal. Dengan peralatan MPASI sederhana yang ada di dapur, Bunda tetap bisa menyajikan MPASI berkualitas untuk si Kecil.


Referensi:

WHO. (n.d). Complementary feeding. https://www.who.int/health-topics/complementary-feeding#tab=tab_2

Kemenkes. (2018, 13 Juli). Kapan Waktu dan Jenis yang Tepat untuk Memberikan MP ASI? https://promkes.kemkes.go.id/?p=8935

IDAI. (2018, 10 Okt). Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/pemberian-makanan-pendamping-air-susu-ibu-mpasi

CDC. (n.d). Tastes and Textures. https://www.cdc.gov/nutrition/infantandtoddlernutrition/foods-and-drinks/tastes-and-textures.html

CDC. (n.d). Fingers, Spoons, Forks, and Cups. https://www.cdc.gov/nutrition/infantandtoddlernutrition/mealtime/fingers-spoons-forks-cups.html

Artikel Lainnya
Sajian MPASI Sesuai Usia si Kecil yang Nikmat dan Bernutrisi 6 bulan

Hal-hal yang Perlu Bunda Pahami Seputar MPASI dan Bubur Nestlé CERELAC

Bingung Pilih MPASI Instan untuk si Kecil? Simak Penjelasan Ini 6 bulan

Bingung Pilih MPASI Instan untuk si Kecil? Simak!

Perhatikan Bunda, Ini Tanda Si Kecil Kekurangan Gizi 6 bulan

Penyebab dan Tanda Anak Kurang Gizi