Enak dan Bergizi, Yuk, Intip Resep MPASI Daging Sapi Ini! Enak dan Bergizi, Yuk, Intip Resep MPASI Daging Sapi Ini!

Enak dan Bergizi, Yuk, Intip Resep MPASI Daging Sapi Ini!

Mulai usia 8 bulan
06 March 2024
Mulai usia 8 bulan
06 March 2024

Bunda, saat menyajikan menu makanan pendamping ASI (MPASI) untuk si Kecil terkadang bisa menjadi tantangan tersendiri. Tak jarang, Bunda harus kreatif dalam mengolah bahan makanan agar si Kecil tidak bosan.

Salah satu bahan makanan yang bagus untuk diolah menjadi MPASI adalah daging sapi. Tapi mungkin Bunda bingung cara mengolah daging sapi yang keras agar menjadi MPASI yang cocok untuk si Kecil yang baru belajar makan makanan padat.

Jangan khawatir, Bunda. Langsung saja simak resep daging sapi untuk MPASI si Kecil di bawah ini, ya!

Kandungan Gizi dan Manfaat Daging Sapi

Sebelum menuju resep daging sapi untuk MPASI, mungkin ada beberapa dari Bunda yang masih ragu memberikan daging sapi kepada si Kecil. Memang boleh?

Bunda, anak sudah bisa mulai makan makanan pada umumnya setelah berusia 6 bulan. Dan saat usia 7-8 bulan, si Kecil sudah bisa mengonsumsi berbagai jenis makanan, mulai dari sereal bayi, telur, buah-buahan sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, bahkan daging sapi.

Namun perlu diingat, pada awalnya bayi akan lebih mudah makan makanan yang dihaluskan dan disaring hingga teksturnya sangat halus. Butuh waktu bagi si Kecil menyesuaikan diri dengan tekstur makanan baru yang lebih padat seiring dengan keterampilan makan dan pertumbuhan giginya.

Berbagai zat gizi yang terkandung dalam daging sapi juga baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Beberapa kandungan gizi daging sapi dan manfaatnya, di antaranya:

1. Zat Besi

Zat besi merupakan salah satu mineral penting yang sangat dibutuhkan tubuh, termasuk anak-anak. Si Kecil membutuhkan zat besi untuk dapat tumbuh berkembang dengan optimal.

Zat besi berfungsi salah satunya untuk membantu sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh. Zat besi juga dibutuhkan untuk mendukung kemampuan anak dalam belajar.

Jika kebutuhan zat besi tidak terpenuhi, si Kecil dapat berisiko mengalami anemia defisiensi besi karena produksi hemoglobin dalam sel darah merah menurun dan akibatnya mengganggu distribusi oksigen ke seluruh tubuh.

Bayi usia 7-12 bulan disarankan mendapat asupan zat besi sebanyak 11 miligram setiap hari.

2. Protein

Protein merupakan salah satu zat gizi makro yang dibutuhkan tubuh membangun dan memperbaiki sel, serta membantu organ tubuh agar dapat berfungsi dengan baik. Dalam 100 gram daging sapi terkandung sekitar 25 gram protein dan 2,47 mg zat besi.

Baca Juga: Resep MPASI 7 Bulan Bola Daging Sayur

3. Kalsium

Kalsium termasuk mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk berkembang karena fungsinya yang membantu pertumbuhan dan kesehatan tulang serta gigi. Kalsium juga penting untuk menjaga fungsi otot, saraf, dan jantung. Dalam setiap 100 gram daging sapi, terdapat kandungan kalsium sekitar 18 miligram.

4. Vitamin

Daging sapi merupakan sumber vitamin yang baik, termasuk vitamin D, yang penting untuk membantu penyerapan kalsium.Daging sapi juga mengandung vitamin B12, yang berperan penting untuk sel darah merah dan membangun sistem saraf. Selain itu, daging sapi juga merupakan sumber alami vitamin B1, B2, B3 dan B5.

Resep Daging Sapi untuk MPASI

Dalam mengolah daging sapi untuk MPASI, Bunda bisa menggunakan daging sapi yang sudah digiling. Cara ini untuk mengurangi risiko si Kecil tersedak dan lebih mudah menelan daging sapi yang disajikan.

Sebagai resep MPASI daging sapi Bunda bisa mencampurnya dengan bubur olahan sendiri maupun bubur instan. Berikut beberapa resep MPASI daging sapi giling yang bisa Bunda coba di rumah:

1. Bubur Bola Daging Sapi

Bahan:

  • 25 gram bubur tim
  • 300 mililiter air
  • 1/2 siung bawang putih diparut
  • 30 gram daging sapi cincang
  • 20 gram wortel parut
  • 2 sendok puree tomat (tomat yang dihaluskan)

Cara membuat:

  • Campurkan daging sapi cincang yang sudah dihaluskan dengan blender bersama bawang putih dan wortel yang sudah diparut.
  • Bentuk adonan daging sapi menjadi bola-bola ukuran kecil dan rebut ke dalam air mendidih hingga matang.
  • Sisihkan 75 mililiter air kaldu rebusan bola daging sapi dan diamkan hingga hangat.
  • Untuk membuat puree tomat, cincang tomat, kemudian rebus dan buang kulit serta bijinya. Lalu lumat hingga halus.
  • Campurkan bubur tim dengan kuah kaldu sapi, lalu sajikan bersama bola-bola daging sapi dan puree tomat.

2. Bubur Jagung Daging Sapi

Bahan:

  • 20 gram bubur tim
  • 30 gram jagung manis yang sudah dipipil
  • 20 gram daging sapi giling
  • 15 gram tahu kedelai
  • 30 mililiter santan
  • 200 mililiter air

Cara membuat:

  • Masak air bersama dengan jagung yang sudah dipipil.
  • Setelah mendidih dan jagung lunak, masukkan daging sapi giling, tahu kedelai, dan santan.
  • Masak hingga daging sapi giling matang, kemudian angkat dan lumatkan.
  • Saring campuran jagung, daging, dan tahu tersebut lalu tambahkan dengan bubur tim dan aduk rata.
  • Bubur jagung daging sapi siap disajikan.

Kedua resep di atas cocok sebagai resep MPASI daging sapi 8 bulan. Namun Bunda juga bisa mengolahnya sebagai resep MPASI daging sapi 6 bulan dengan menyesuaikan teksturnya menjadi lebih halus agar cocok untuk si Kecil yang baru belajar makan makanan padat.

Untuk kreasi resep MPASI di atas, Bunda bisa menggunakan Nestlé CERELAC Homestyle Tim Daging Sayur sebagai campuran bubur si Kecil.

Selain itu, bubur CERELAC Homestyle terbuat dari bahan alami pilihan yang dikeringkan, mengandung tinggi zat besi, serta diperkaya vitamin, mineral, dan omega 3 & 6, sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi harian anak melalui MPASI dan mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil.

Tak hanya bergizi, bubur CERELAC Homestyle memiliki rasa gurih dan tekstur yang tepat untuk si Kecil. Bubur CERELAC Homestyle tersedia dalam tekstur lembut untuk si Kecil usia 6 bulan dan tekstur yang lebih kasar untuk usia mulai 8 bulan.

Bunda juga bisa mengkreasikan resep daging sapi lainnya untuk MPASI si Kecil. Hal yang penting untuk diingat adalah memperhatikan tekstur MPASI agar sesuai dengan usia anak. Selamat mencoba, Bunda!

Artikel Lainnya
Tips Mengolah Makanan Bayi agar Nutrisi Si Kecil Optimal 8 bulan

Tips Mengolah MPASI Si Kecil

Ketahui Nutrisi dan Manfaat Tahu dalam Menu MPASI untuk Si Kecil 8 bulan

Nutrisi dan Manfaat Tahu untuk Menu MPASI Si Kecil

Si Kecil Susah Makan? Ini Bisa Jadi Tanda Gangguan Oromotor 8 bulan

Anak Susah Makan? Ini Gejala Gangguan Oromotor pada Bayi