Aturan Pemberian Makanan MPASI 8 Bulan Beserta Ragam Jenisnya Aturan Pemberian Makanan MPASI 8 Bulan Beserta Ragam Jenisnya

Aturan Pemberian Makanan MPASI 8 Bulan Beserta Ragam Jenisnya

Mulai usia 8 bulan
08 February 2023
Mulai usia 8 bulan
08 February 2023

Memberikan makanan pendamping ASI atau MPASI kepada si Kecil adalah fase penting. Tidak hanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya yang tidak lagi tercukupi dari ASI, MPASI juga berguna untuk mengasah dan menstimulasi keterampilan serta kemampuan makannya.[1]

MPASI dianjurkan diberikan pertama kali saat bayi menginjak usia 6 bulan dan seterusnya. Setelah bayi berusia 8 bulan ia akan terbiasa mengkonsumsi MPASI dengan tekstur yang lebih kasar[2]. Pada masa ini kemampuan makan si Kecil juga pasti sudah berkembang dibandingkan dengan awal pertama kali Bunda memberinya MPASI.

Karenanya, Bunda perlu menyesuaikan tekstur, frekuensi, serta porsi untuk makanan MPASI 8 bulan. Lalu, apa saja yang harus diperhatikan dalam memberikan makanan MPASI bayi 8 bulan?

Perkembangan Kemampuan Makan Bayi 8 Bulan

Perkembangan motorik kasar pada bayi 8 bulan biasanya sudah mulai belajar merangkak dan berdiri. Sedangkan perkembangan motorik halus yang berkaitan dengan keterampilan makan, bayi 8 bulan mulai dapat meraih benda di sekitarnya dan memindahkan benda tersebut dari satu tangan ke tangan lainnya.

Pada masa ini, gigi depan bayi mulai tumbuh dan ia sudah bisa menelan makanan dengan tekstur yang lebih kental.2 Saat makan, ia juga sudah bisa memindahkan makanan dari satu sisi mulut ke sisi lainnya.

Bila si Kecil sudah mulai bisa duduk stabil di kursi, maka Bunda dapat coba memberikan porsi makan di meja dan membiarkannya mengambil sendiri makanan dari piring.

Baca Juga: Jadwal Makan MPASI 6 Bulan Pertama

Tekstur Makanan MPASI 8 Bulan

Bayi usia 8 bulan seharusnya sudah dapat naik tekstur MPASI dari sebelumnya berbentuk puree yang halus menjadi makanan yang dilumat sedikit kasar (mashed).

Bunda tetap harus memperhatikan beberapa hal sebelum memberikan tekstur makanan MPASI bayi 8 bulan yang lebih kasar. Bila ternyata si Kecil belum lancar menelan sebaiknya tidak dipaksakan dan kembali diberi puree. Jika si Kecil sudah bisa menelan dengan baik bahkan tangannya aktif meraih, Bunda dapat mulai memberikan finger foods yang lunak dan mudah ditelan.

Frekuensi dan Porsi MPASI 8 Bulan

Di usia 8 bulan, bayi membutuhkan energi total hingga 600 kilo kalori setiap hari. Dari jumlah tersebut energi tambahan dari MPASI sebanyak 200 kilo kalori per hari 2. Frekuensi makanan MPASI 8 bulan, berikan si Kecil 2-3 kali makan utama ditambah 1-2 kali makanan selingan setiap hari. Sedangkan, porsinya adalah  mangkuk ukuran 250 ml. Untuk memudahkan, Bunda bisa menyiapkan mangkuk khusus ukuran 250 ml untuk makan si Kecil.

Pilihan MPASI untuk Bayi Usia 8 Bulan

Bunda bisa mencoba memberikan berbagai jenis makanan kepada si Kecil, tentunya dengan tetap memperhatikan teksturnya yang disesuaikan dengan perkembangan kemampuan anak. Berikut beberapa menu makanan MPASI 8 bulan yang bisa Bunda berikan:

  • Bubur lumat
  • Tahu dan kentang kukus yang dilumat
  • Buah bertekstur lunak, seperti pepaya, pisang, atau alpukat.

Bunda juga dapat mengombinasikan MPASI buatan sendiri dengan MPASI fortifikasi. Nestlé CERELAC Homestyle Bubur Tim bisa menjadi pilihan Bunda sebagai MPASI fortifikasi untuk si Kecil yang sudah naik tekstur.

Nestlé CERELAC Homestyle Bubur Tim Ayam Wortel memiliki tekstur yang pas untuk bayi mulai usia 8 bulan. Nestlé CERELAC Homestyle daging sayur juga tinggi akan Zat Besi yang sangat dibutuhkan anak, serta diperkaya 10 Vitamin dan 5 Mineral untuk membantu penuhi kebutuhan nutrisi dan mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil.

Nestlé CERELAC Bubur Homestyle sebagai makanan MPASI 8 bulan juga tersedia dengan rasa Bubur Tim Daging Sayur dan Bubur Tim Sayur. CERELAC rasa daging cocok dan pasti disukai si Kecil.


Referensi:

[1] IDAI. Kemampuan Motor Bayi Terkait dengan Keterampilan Kemampuan Makan. Dari : https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/kemampuan-motor-bayi-terkait-dengan-keterampilan-kemampuan-makan. Diakses pada 09/01/2023

[2] IDAI. Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). UKK Nutrisi dan Penyakit Metabolik IDAI. 2018

Artikel Lainnya
Tips Mengolah Makanan Bayi agar Nutrisi Si Kecil Optimal 8 bulan

Tips Mengolah MPASI Si Kecil

Si Kecil Susah Makan? Ini Bisa Jadi Tanda Gangguan Oromotor 8 bulan

Anak Susah Makan? Ini Gejala Gangguan Oromotor pada Bayi

Hindari 6 Makanan Ini Sebelum Si Kecil 1 Tahun 8 bulan

6 Makanan yang Perlu Dihindari Anak Sebelum Usia 1 Tahun