Bayi Mencoba Makanan untuk Pertama Kalinya Image Mobile Bayi Mencoba Makanan untuk Pertama Kalinya Image Mobile

Umur Berapa Bayi Bisa Tengkurap? Ini Jawabannya!

Mulai usia 6 bulan
14 June 2023
Mulai usia 6 bulan
14 June 2023

Bunda, sebagai orang tua pasti senang melihat perkembangan si Kecil setiap harinya. Termasuk ketika si Kecil mulai bisa tengkurap sendiri.

Kemampuan bayi untuk tengkurap penting bagi perkembangannya lho, Bunda. Karena sebelum dapat merangkak, berdiri, dan berjalan, si Kecil perlu melatih otot leher dan lengan agar kuat dengan tengkurap.

Lantas, Bunda mungkin akan bertanya-tanya, sebenarnya di umur berapa bayi bisa tengkurap? Temukan jawabannya di ulasan berikut!

Biasanya Umur Berapa Bayi Bisa Tengkurap?

Sebenarnya, pertanyaan yang lebih tepat adalah umur berapa bayi bisa tengkurap sendiri, karena Bunda bisa mulai mengajarkan si Kecil tengkurap sejak dini, bahkan sebelum genap berusia 1 bulan.

Latihan tengkurap untuk bayi atau biasa disebut tummy time bisa dilakukan sejak bayi usia 0 bulan dengan memposisikan tubuh si Kecil bertumpu pada bagian perut. Lakukan tummy time selama 3-5 menit dan ulangi hingga 2-3 kali sehari.

Latihan tengkurap bisa dilakukan beberapa menit di usia bulan-bulan awal kemudian ditambah secara bertahap seiring usia si Kecil. Latihan tengkurap ini baik untuk membantu meningkatkan kekuatan otot bahu, punggung, batang tubuh, dan tangannya yang akan menjadi dasar untuk merangkak.

Tapi perlu diingat ya Bunda, harus ada orang dewasa yang mendampingi si Kecil saat latihan tummy time dan jangan pernah meninggalkan bayi sendirian saat mulai belajar tengkurap agar bayi selalu dalam kondisi aman.

Saat berusia 4-7 bulan, Si Kecil mulai bisa membalikkan badan ke dua arah,  tengkurap, hingga duduk. Pada usia ini otot punggung dan leher bayi sudah berangsur lebih kuat dan keseimbangan tubuh, kepala, dan leher juga mulai lebih stabil.

Jadi, jawaban untuk pertanyaan anak bayi bisa tengkurap umur berapa adalah mulai usia 4 bulan. Namun Bunda bisa mulai melatih si Kecil tengkurap sejak usia 0 bulan.

Tanda Bayi Mulai Bisa Tengkurap

Setelah tahu di umur berapa bayi bisa tengkurap, Bunda mungkin masih ragu karena ada bayi yang sudah berusia 4 bulan belum kunjung bisa berguling.

Tak perlu khawatir jika si Kecil belum bisa tengkurap saat bayi seusianya sudah bisa, Bunda. Karena perkembangan motorik antara bayi satu dengan yang lain bisa saja berbeda.

Bunda bisa melihat beberapa tanda bayi mulai bisa tengkurap, seperti sering mengangkat kepala dan tubuh bagian atas sambil menahan menggunakan tangan saat tummy time, sering berbaring menyamping saat telentang, serta sering mengangkat kaki dan pinggul ke atas.

Jika si Kecil mulai menunjukkan ciri- ciri di atas, mungkin ia sudah siap untuk tengkurap. Bunda bisa mendorong si Kecil lebih cepat bisa tengkurap dengan latihan tummy time.

Baca Juga: Ketahui Cara Hitung Berat Badan Ideal Anak

Stimulasi untuk Bantu Bayi Belajar Tengkurap

Selain tentang umur berapa bulan bayi bisa tengkurap, Bunda juga bisa memberikan stimulasi untuk membantu si Kecil lebih cepat belajar tengkurap, lho. Berikut beberapa tips yang bisa Bunda praktikkan:

1. Berikan mainan favorit

Bunda bisa mendorong si Kecil untuk latihan tengkurap dengan meletakkan mainan favorit di sekitar bayi agar Si Kecil berusaha meraihnya.

2. Posisikan Bayi di Tempat Aman

Letakkan bayi di atas permukaan yang kokoh dan rata agar aman dan tidak membahayakannya untuk mulai berlatih tengkurap. Jauhkan benda-benda yang bisa meningkatkan risiko bayi terjepit atau cedera saat belajar tengkurap.

3. Baringkan di dada

Jika si Kecil belum berani berbaring di lantai, cobalah membaringkannya di dada atau perut Bunda.

4. Pastikan Ruangan Nyaman

Letakkan bayi di lingkungan bebas asap rokok dan usahakan udara ruangan nyaman dan tidak membuat gerah Si Kecil.

Selain selalu menemaninya untuk mulai tengkurap, Bunda jangan lupa untuk selalu tetap memenuhi kebutuhan gizi hariannya, ya.

Saat Si Kecil berusia enam bulan, Si Kecil mulai diperkenalkan dengan Makanan Pendamping ASI (MPASI). Bunda bisa memberikan Nestlé CERELAC Bubur Sereal sebagai MPASI Si kecil. CERELAC Bubur Sereal dibuat dengan bahan alam pilihan yang dikeringkan, mengandung tinggi zat besi, dilengkapi Omega 3 & 6, serta diperkaya 11 vitamin dan 6 mineral.

Dengan memberikan makanan dengan asupan zat besi yang cukup akan membantu dalam perkembangan motorik halus pada bayi usia 6-11 bulan.

Bagi Si Kecil umur 6 bulan, CERELAC Bubur Sereal dengan tekstur lembut bisa menjadi MPASI pertamanya. Tersedia pilihan rasa Beras Merah, Kacang Hijau atau Apel Jeruk Pisang, dan masih banyak lagi dan Bunda bisa cek di halaman ini.  

Untuk si Kecil mulai usia 8 bulan, tersedia CERELAC Bubur Sereal Homestyle yang tak hanya bergizi tapi juga tekstur yang pas. Tersedia pilihan rasa Bubur Tim Sayur, Ayam Wortel, dan Bubur Tim Daging Sayur. 

CERELAC dengan kandungan nutrisi yang diformulasikan khusus, dibuat dengan bahan alam terpilih, berkualitas dan higienis, dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian si Kecil.

Semoga Bunda sudah lebih paham umur berapa bayi bisa tengkurap. Dukung perkembangan motorik si Kecil dan jangan lupa penuhi kebutuhan gizi hariannya, ya Bunda!

Artikel Lainnya
Sajian MPASI Sesuai Usia si Kecil yang Nikmat dan Bernutrisi 6 bulan

Hal-hal yang Perlu Bunda Pahami Seputar MPASI dan Bubur Nestlé CERELAC

Bingung Pilih MPASI Instan untuk si Kecil? Simak Penjelasan Ini 6 bulan

Bingung Pilih MPASI Instan untuk si Kecil? Simak!

Ini Manfaat Menu MPASI Labu Kuning untuk Si Kecil 6 bulan

Manfaat dan Kreasi Resep MPASI Labu Kuning untuk Bayi