sendok makan anak dengan cerelac image mobile sendok makan anak dengan cerelac image mobile

Aturan Pemberian Makanan Anak Bayi 10 Bulan dan Tekstur MPASI

Mulai usia 8 bulan
08 February 2023
Mulai usia 8 bulan
08 February 2023

Saat anak telah menginjak usia 10 bulan, Bunda mungkin ingin mulai berkreasi dengan menu makanan pendamping ASI (MPASI) untuk si Kecil. Hal itu tidak ada salahnya dilakukan lantaran usia 6-12 bulan merupakan periode yang paling baik dalam memperkenalkan tekstur makanan kepada anak.

Bahkan, apabila anak terlambat mengenal tekstur makanan dari halus hingga kasar dikhawatirkan akan muncul masalah pada kemampuan makan si Kecil di kemudian hari.[1]

Akan tetapi, meski si Kecil sudah semakin terbiasa dengan makanan padat, terkadang Bunda masih bingung dengan aturan pemberian resep MPASI 10 bulan. Apa saja sih hal yang perlu diperhatikan?

Perkembangan Kemampuan Makan Bayi 10 Bulan

Memasuki usia 10 bulan, bayi sudah akan belajar merangkak dan juga berdiri. Ia juga sudah mampu duduk sendiri. Sedangkan perkembangan motorik halus dalam keterampilan makan, ia sudah bisa belajar minum menggunakan cangkir.

Bunda juga bisa mulai memberikan sedikit porsi MPASI di piring dengan sendok agar si Kecil dapat belajar menyuapi dirinya sendiri. Awalnya bayi akan belepotan saat makan, tapi semakin sering berlatih bayi akan makin terampil untuk makan MPASI.

Kemudian, setelah berusia 10 bulan, bayi juga sudah dapat merapatkan bibirnya ketika disuapi untuk memasukkan semua makanan di sendok ke mulut.[2]

Baca Juga: 4 Tips Menyiapkan Resep Bubur Fortifikasi 6 Bulan

Tekstur MPASI untuk Bayi Usia 10 Bulan

Bayi usia 10 bulan sudah dapat menggigit makanan dengan tekstur yang lebih kasar, karenanya tekstur MPASI 10 bulan juga perlu disesuaikan. Bunda bisa memberikan menu makanan yang dicincang halus (minced) atau kasar (chopped), sesuai dengan kemampuan makan si Kecil. Kemudian, seiring dengan tumbuhnya gigi, si Kecil mulai dapat menggigit makanan dengan tekstur yang lebih keras, Bunda bisa memberikan finger foods, atau makanan seukuran genggaman tangan bayi.[3]

Frekuensi dan Porsi MPASI Bayi 10 Bulan

Frekuensi pemberian MPASI 10 bulan adalah 3-4 kali makan utama ditambah 1-2 kali makanan selingan setiap harinya. Sedangkan untuk porsinya adalah setengah mangkuk ukuran 250 ml. Bunda bisa menyiapkan mangkuk berukuran 250 ml khusus untuk MPASI si Kecil agar lebih mudah mengatur porsi menu makanan MPASI.

Ragam Jenis MPASI 10 Bulan

Berikan menu makanan MPASI yang mengandung protein nabati dan hewani, zat besi, vitamin, mineral, serta makronutrien dan mikronutrien. Makanan dengan nutrisi lengkap juga bermanfaat sebagai MPASI 10 bulan penambah berat badan, sehingga si Kecil dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Dengan tekstur MPASI yang lebih kasar, pilihan sajian menunya juga semakin beragam. Bunda bisa menggunakan bahan-bahan makanan beraneka warna, seperti sayuran hijau, wortel, dan buah-buahan untuk menambah nafsu makan si Kecil.

Berikut ini beberapa pilihan bahan makanan untuk MPASI bayi 10 bulan:[4]

  • Buah dan sayur dengan beragam warna
  • Nasi atau sereal
  • Sumber protein hewani, seperti daging ayam, sapi, dan ikan
  • Susu dan yogurt

Selain menyiapkan MPASI buatan sendiri, Bunda juga bisa mengombinasikan dengan MPASI fortifikasi, seperti Nestlé CERELAC Homestyle Bubur Tim Ayam Wortel, yang bergizi lengkap.

Nestlé CERELAC Homestyle Bubur Tim Ayam Wortel juga cocok untuk si Kecil yang sedang belajar mengunyah karena memiliki tekstur yang pas. Selain itu, CERELAC daging ayam tinggi akan Zat Besi, serta diperkaya 10 Vitamin dan 5 Mineral untuk bantu penuhi kebutuhan nutrisi dan mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil.

Nestlé CERELAC Bubur Homestyle sebagai MPASI tersedia juga dalam rasa Bubur Tim Daging Sayur dan Bubur Tim Sayur. CERELAC rasa daging cocok dan pasti disukai si Kecil.


Referensi:

[1] IDAI. Adaptasi Bayi terhadap Rasa dan Makanan. Dari :  https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/adaptasi-bayi-terhadap-rasa-dan-makanan. Diakses pada 11 Oktober 2022

[2] IDAI. Kemampuan Motor Bayi Terkait dengan Keterampilan Kemampuan Makan. Dari : https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/kemampuan-motor-bayi-terkait-dengan-keterampilan-kemampuan-makan. Diakses pada 09/01/2023

[3] IDAI. Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). UKK Nutrisi dan Penyakit Metabolik IDAI. 2018

[4] CDC. Foods and Drinks to Encourage. Dari : https://www.cdc.gov/nutrition/infantandtoddlernutrition/foods-and-drinks/foods-and-drinks-to-encourage.html. Diakses pada 09/01/2023

Artikel Lainnya
Tips Mengolah Makanan Bayi agar Nutrisi Si Kecil Optimal 8 bulan

Tips Mengolah MPASI Si Kecil

Si Kecil Susah Makan? Ini Bisa Jadi Tanda Gangguan Oromotor 8 bulan

Anak Susah Makan? Ini Gejala Gangguan Oromotor pada Bayi

Hindari 6 Makanan Ini Sebelum Si Kecil 1 Tahun 8 bulan

6 Makanan yang Perlu Dihindari Anak Sebelum Usia 1 Tahun