Tips Menyajikan Bubur Bayi 8 Bulan Instan Tips Menyajikan Bubur Bayi 8 Bulan Instan

Tips Menyajikan Bubur Bayi 8 Bulan Instan

30 November 2022
30 November 2022

Memasuki usia 8 bulan, bayi sudah lebih terbiasa dengan Makanan Pendamping ASI atau MPASI.  Pemberian MPASI disarankan mulai sejak usia 6 bulan karena pada usia itu, asupan ASI eksklusif tidak mampu lagi memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil yang semakin bertambah.[1]

Salah satu MPASI yang bisa diberikan kepada si Kecil adalah bubur bayi instan. Lantas adakah perbedaan antara bubur bayi instan yang diberikan pada awal usia 6 bulan dengan bubur bayi 8 bulan instan?

MPASI untuk Bayi Usia 8 Bulan

Meski bayi sudah lebih banyak mengkonsumsi makanan padat dari MPASI, jangan tinggalkan pemberian ASI. MPASI memberikan energi tambahan kepada anak usia 9-11 bulan sebanyak 400 kilo kalori per hari. Untuk anak usia 8 bulan, berikan MPASI 2 hingga 3 kali ditambah 1-2 kali selingan setiap harinya. Berikan MPASI dengan tekstur bubur kental (puree) atau makanan yang dihaluskan (mashed).[2]

Memilih Bubur Bayi 8 Bulan Instan

Bunda tentu ingin memberikan bubur bayi 8 bulan instan terbaik untuk si Kecil agar tumbuh kembangnya maksimal. Berikut ini tips dalam memilih bubur instan untuk bayi 8 bulan:

  • Pilih bubur bayi instan dengan komposisi bahan alam. Jangan lupa untuk selalu membaca tabel komposisi pada kemasan bubur bayi instan.
  • Periksa kandungan gizi dalam bubur bayi instan. Selain komposisi, perhatikan juga kandungan gizi yang ada di dalam bubur bayi instan. Hal ini demi memastikan kebutuhan nutrisi harian si Kecil terpenuhi.
  • Ikuti saran penyajian. Perhatikan saran penyajian pada kemasan bubur bayi instan. Seimbangkan antara bubur dengan air yang digunakan. Juga jumlah pemberian per hari.

Baca Juga: Pentingnya Makanan Tinggi Zat Besi untuk Bayi

Menyajikan Bubur Bayi Instan

Setelah memilih bubur bayi instan yang tepat untuk si Kecil berusia 8 bulan, maka selanjutnya Bunda perlu memperhatikan cara penyajiannya. Berikut beberapa tips penting:[3]

  • Selalu periksa tanggal kedaluwarsa dan pastikan kemasan dalam kondisi baik.
  • Buang sisa bubur yang tidak habis dimakan untuk menghindari kontaminasi.
  • Dinginkan bubur bayi instan segera setelah siap disajikan.

Untuk MPASI bayi usia 8 bulan, CERELAC bisa dijadikan salah satu pilihan MPASI untuk si Kecil, dengan beragam varian rasanya.

Rekomendasi bubur instan bayi 8 bulan, Bunda bisa memberikan CERELAC Bubur Sereal Homestyle yang tak hanya bergizi tapi juga tekstur yang pas. Tersedia pilihan rasa Bubur Tim Sayur, dan Ayam Wortel.

CERELAC dengan kandungan nutrisi yang diformulasikan khusus dan dibuat dengan bahan alam terpilih, serta berkualitas dan higienis, dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian si Kecil. Diperkaya vitamin dan mineral, protein, omega 3 & 6, serta tinggi kandungan zat besi.

Demikian Bunda, tips menyajikan bubur bayi 8 bulan instan sebagai MPASI untuk si Kecil. Semoga bermanfaat ya!


Referensi:

[1] IDAI. Makanan Pendamping ASI (MPASI). Dari : https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/makanan-pendamping-asi-mpasi. Diakses pada 5/8/22

[2] https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/pemberian-makanan-pendamping-air-susu-ibu-mpasi

[3] NHS. Children's food: safety and hygiene. Dari : https://www.nhs.uk/conditions/baby/weaning-and-feeding/childrens-food-safety-and-hygiene/. Diakses pada 5/8/22

Artikel Lainnya