Manfaat Tahu Dalam Resep MPASI 8 Bulan Homemade Manfaat Tahu Dalam Resep MPASI 8 Bulan Homemade

Manfaat Tahu Dalam Resep MPASI 8 Bulan Homemade

Mulai usia 8 bulan
15 February 2021
Mulai usia 8 bulan
15 February 2021

Makanan seperti daging biasanya lebih menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian dalam menu MPASI Si Kecil. Namun, tahukah Bunda bahwa tahu bisa menjadi bahan dalam resep MPASI 8 bulan homemade yang murah meriah dan bergizi tinggi? 

Tahu yang bertekstur lembut dan mudah didapatkan ini memiliki manfaat yang dibutuhkan bagi pertumbuhan Si Kecil lho, Bun. Hal ini karena tahu terbuat dari kacang kedelai yang mengandung beberapa zat gizi yang berguna bagi tubuh. Apa sajakah itu? Yuk, simak selengkapnya!

Kandungan Gizi Tahu

Tahu adalah pilihan populer untuk memenuhi kebutuhan gizi, khususnya protein nabati. Kandungan proteinnya yang tinggi, yaitu 6-12%, menjadikannya sumber protein yang baik bagi masyarakat.

Tahu adalah pilihan tepat bagi yang mencari makanan sehat dan bergizi sebagai menu MPASI 8 bulan sederhana. Kandungan kalorinya rendah, hanya sekitar 70 kalori per 100 gram. Tahu juga rendah lemak (4 gram) dan karbohidrat (2 gram). Untuk informasi lengkap, berikut kandungan nutrisi dalam tahu:

  • Protein

Tahu merupakan salah satu sumber Protein. Zat gizi ini sangat berguna bagi pertumbuhan sel dan jaringan. Kekurangan protein pada masa balita dapat mengakibatkan pertumbuhan terhambat. Dalam 100 gram tahu sudah mengandung 10 gram protein. Hal inilah yang membuat tahu menjadi sumber protein nabati yang sangat baik dan menjadi pilihan para vegetarian sebagai pengganti protein hewani.

  • Serat

Nutrisi dalam tahu untuk menu MPASI Si Kecil lainnya adalah Serat. Selain buah dan sayur, ternyata tahu adalah salah satu makanan yang mengandung serat. Serat berfungsi untuk menjaga kesehatan saluran cerna Si Kecil. Asupan serat yang cukup membantu si Kecil mencegah konstipasi. Kandungan serat dalam 100 gram tahu mencapai 2,3 gram.

  • Zat besi

Setiap  1 buah besar tahu (100 g) mengandung mengandung 3.4 mg Zat Besi. Konsumsi tahu dapat membantu memenuhi kebutuhan zat besi Si Kecil usia 6-12 bulan yang cukup tinggi, yaitu 11 mg/hari. Kekurangan zat gizi ini dalam jangka panjang dapat menyebabkan anemia defisiensi besi. 

  • Kalsium

Kalsium tidak hanya dapat diperoleh dari susu. Tahu juga ternyata mengandung tinggi kalsium. Setiap 100 gram tahu mengandung 223 mg Kalsium. Zat gizi ini bermanfaat untuk pertumbuhan serta pemeliharaan tulang dan gigi. 

Baca Juga: Resep Kaldu Ayam untuk MPASI

Tips Mengolah Tahu dalam Resep MPASI 8 Bulan Homemade

Bunda ingin menyajikan tahu sebagai ide resep MPASI 8 bulan? Bunda bisa memberikan tahu minimal 2 proti per hari untuk memenuhi kebutuhan protein dan zat besinya. Nah, berikut beberapa tips menyajikan tahu sebagai resep MPASI 8 bulan homemade:

1. Perhatikan teksturnya

Tekstur makanan berperan penting dalam penerimaan makanan oleh si Kecil, terutama pada masa pemberian makanan pendamping ASI. Di usia tersebut, Bunda bisa memberikan makanan bertekstur halus seperti bubur kental atau puree atau makanan yang dilumatkan hingga halus atau mashed. 

Tekstur makanan yang tidak sesuai bisa membuat bayi batuk, tersedak, muntah, atau gumoh. Jadi, Bunda bisa menghaluskan tahu hingga memiliki tekstur seperti bubur kental atau melumatnya hingga benar-benar halus. Selain tekstur, Bunda juga perlu memperhatikan porsi atau takaran MPASI bayi 8 bulan ya!

2. Batasi MSG

Penggunaan MSG memang bisa menambah cita rasa makanan. Namun, sebaiknya Bunda membatasi MSG saat memasak MPASI. MSG yang berlebihan bisa berpengaruh buruk pada kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil yang masih dalam tahap pertumbuhan. Berdasarkan saran WHO, sebaiknya Bunda hanya menggunakan 120 miligram/kilo MSG dalam sehari untuk memasak MPASI si Kecil.

3. Tambahkan makanan sehat lainnya

Sertakan makanan sehat lainnya seperti sayuran dan buah. Buah dan sayuran kaya akan vitamin, mineral, dan serat pangan. Nutrisi ini penting untuk membantu anak tumbuh dan berkembang dengan sehat dan kuat. Buah dan sayuran juga berperan dalam meningkatkan imunitas anak dan mencegah berbagai risiko penyakit di kemudian hari. 

Wah, ternyata banyak juga ya, nutrisi dan manfaat yang dikandung tahu. Tidak hanya penuh manfaat, makanan yang bisa didapatkan dengan harga terjangkau ini rasanya juga enak, sehingga Si Kecil pasti suka. Jadi, coba masukkan tahu ke dalam resep MPASI 8 bulan homemade, yah Bun.

Supaya kandungan nutrisi dalam olahan tahu untuk menu MPASI Si Kecil lebih lengkap, Bunda bisa mengombinasikannya dengan CERELAC Risenutri. CERELAC Risenutri merupakan bubur polos pasangan menu MPASI homemade Bunda yang tinggi Zat Besi, serta diperkaya 11 Vitamin, 6 Mineral, Omega 3, dan Omega 6. Tak hanya itu, CERELAC Risenutri juga bisa dikombinasikan dengan bahan makanan bercita rasa manis, juga bercita rasa gurih seperti tahu. Apapun resep MPASI 8 bulan homemade-nya, CERELAC Risenutri pasangannya.

Artikel Lainnya
Tips Mengolah Makanan Bayi agar Nutrisi Si Kecil Optimal 8 bulan

Tips Mengolah MPASI Si Kecil

Si Kecil Susah Makan? Ini Bisa Jadi Tanda Gangguan Oromotor 8 bulan

Anak Susah Makan? Ini Gejala Gangguan Oromotor pada Bayi

Hindari 6 Makanan Ini Sebelum Si Kecil 1 Tahun 8 bulan

6 Makanan yang Perlu Dihindari Anak Sebelum Usia 1 Tahun