Tips Agar Naik Tekstur MPASI Berjalan Lancar Tips Agar Naik Tekstur MPASI Berjalan Lancar

Tips dan Tahapan agar Bayi Naik Tekstur MPASI dengan Lancar

02 September 2021
02 September 2021

Agar perkembangan kemampuan makan si Kecil terus meningkat sampai ia akhirnya bisa makan menu biasa, tentu tekstur makanan bayi perlu ditingkatkan pula secara bertahap, atau disebut juga naik tekstur. Nah, sama halnya seperti ketika ia pertama merasakan tekstur makanan bayi yang halus di usia genap 6 bulan, saat naik tekstur MPASI, si Kecil perlu belajar beradaptasi lagi. Pada momen ini, sangat mungkin Bunda dan si Kecil mengalami hambatan. Misalnya anak melepeh atau memuntahkan makanannya. Tak perlu khawatir Bunda, karena itu merupakan bagian dari proses kenaikan tekstur makanan bayi yang umum terjadi. Nah, supaya proses naik tekstur MPASI berjalan lancar, Bunda bisa mencoba melakukan hal berikut ini. 

  

1. Lakukan Secara Perlahan  

Naik tekstur MPASI sebaiknya dilakukan bertahap, jangan langsung berubah drastis. Misalnya pada tahap perkenalan Bunda dapat memberikan MPASI dengan konsistensi halus atau saring yang encer. Kemudian buat bubur susu yang semakin dikurangi cairannya sehingga makin lama makin kental. Baru kemudian ketika si Kecil sudah siap naik ke tekstur makanan bayi yang lebih kasar. Naik tekstur harus dilakukan di waktu yang tepat, tidak terlalu cepat maupun terlalu lambat karena anak memiliki periode emas untuk belajar mengunyah dan menelan, jika terlewatkan si Kecil kelak dapat mengalami gangguan kemampuan makan. 

  

2. Kombinasikan Tekstur Sebelumnya dengan Tekstur Baru dalam Satu Mangkuk  

Ada anak yang sensitif (refleks muntah atau gag reflex) dan mudah muntah atau seperti hendak muntah ketika diberi makanan yang lebih kasar. Naik tekstur makanan bayi pada anak-anak seperti ini bisa dicoba dengan cara mengombinasikan tekstur halus dengan tekstur yang baru. Misalnya bubur saring yang ditambahkan taburan biskuit bayi sehingga menghasilkan MPASI yang lebih kasar tetapi tidak ada gumpalan besar. Hindari tetap memberikan bubur encer karena dapat menghambat kemampuan makan anak.  

  

Baca Juga: Ciri Si Kecil Siap Naik Tekstur MPASI 

 

3. Tambahkan Menu atau Bahan Makanan Lainnya yang Mudah Dikunyah  

Bunda bisa memberikan finger food bagi si Kecil untuk membantunya naik tekstur. Misalnya, sayur atau buah yang teksturnya tidak terlalu keras walaupun tidak dihaluskan. Makanan seperti ini akan membantu si Kecil belajar menggigit, mengenal berbagai tekstur makanan, dan belajar mengunyah makanan yang lebih besar. Selalu temani dan awasi si Kecil saat waktu makan, termasuk saat diberi finger food, ya. 

  

Saat si Kecil hendak naik tekstur, Bunda dapat mencoba memberinya CERELAC Homestyle Bubur Tim Sayur yang bergizi dan teksturnya pas untuk si Kecil. CERELAC Homestyle merupakan MPASI yang cocok bagi si Kecil yang sedang belajar mengunyah. Selain itu juga tinggi Zat Besi serta diperkaya 10 Vitamin dan 5 Mineral untuk membantu penuhi kebutuhan nutrisi dan tumbuh kembang si Kecil.

Artikel Lainnya