Panduan Pemberian Beserta Resep MPASI 7 Bulan yang Bisa Bunda Ikuti Panduan Pemberian Beserta Resep MPASI 7 Bulan yang Bisa Bunda Ikuti

Pemberian Beserta Resep MPASI 7 Bulan yang Bisa Bunda Ikuti

Mulai usia 6 bulan
06 March 2024
Mulai usia 6 bulan
06 March 2024

Makanan pendamping ASI atau MPASI penting untuk diberikan pada bayi mulai usia 6 bulan untuk memenuhi kebutuhan gizi hariannya. Tidak hanya agar kebutuhan gizinya tercukupi, MPASI juga penting untuk melatih dan mengenalkan makanan padat kepada si Kecil.

Saat si Kecil memasuki usia 7 bulan, Bunda mungkin bertanya-tanya apakah MPASI yang diberikan sudah tepat dan dapat memenuhi kebutuhan gizinya. Terkadang anak juga bisa merasa bosan dengan menu MPASI yang itu-itu saja sehingga menjadi sulit makan.

Karenanya, Bunda perlu mencari tahu kandungan gizi apa saja yang penting untuk pertumbuhan bayi di usia tersebut dan mulai mencoba mengkreasikan resep MPASI 7 bulan si Kecil agar tetap semangat makan.

Kandungan Gizi Penting dalam MPASI 7 Bulan

Ketika si Kecil memasuki usia 7 bulan, itu berarti Bunda seharusnya sudah memberikan MPASI kepadanya. Tapi sudahkah MPASI yang Bunda berikan memiliki kandungan gizi penting yang dibutuhkan si Kecil?

Kandungan gizi yang dibutuhkan anak usia 7 bulan sebenarnya tidak berbeda dengan orang dewasa, yang membedakan hanyalah jumlahnya. Beberapa jenis gizi yang penting untuk bayi 7 bulan di antaranya: 

1. Protein

Protein dibutuhkan dalam pertumbuhan bayi untuk membentuk sel-sel darah, memperkuat tulang serta jaringan kulit dan ototBayi 7 bulan membutuhkan 15 gram protein per hari.

Sebagian kebutuhan protein masih didapat dari ASI sedangkan sisanya dipenuhi dari MPASI. Bahan makanan yang bagus sebagai sumber protein untuk MPASI seperti daging, ikan, telur, tempe, dan kacang-kacangan.

2. Zat Besi

Termasuk mineral yang merupakan zat gizi mikro. Zat besi penting dalam memproduksi hemoglobin dalam sel darah merah dan membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Bayi 7 bulan memerlukan asupan 11 miligram zat besi setiap hari, yang dapat diperoleh dari hati ayam, daging sapi, juga sayuran hijau gelap, seperti bayam dan brokoli.

3. Kalsium

Mineral ini dibutuhkan untuk menjaga kesehatan serta membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Anak usia 7 bulan membutuhkan 270 miligram kalsium setiap hari yang bisa didapatkan dari ASI dan sayuran, seperti bayam dan brokoli.

4. Vitamin

Anak 7 bulan juga membutuhkan asupan beragam jenis vitamin, termasuk vitamin A untuk kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh, vitamin C untuk menjaga sistem imun, vitamin D untuk membantu penyerapan kalsium, serta vitamin B kompleks.

Vitamin bisa didapatkan dari berbagai bahan makanan, terutama buah dan sayuran.

5. Mineral

Mineral adalah zat gizi mikro yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit. Ada berbagai jenis mineral yang penting untuk anak 7 bulan. Selain zat besi dan kalsium, mineral penting lainnya seperti seng, iodium, fosfor, dan natrium. Masing-masing memiliki peran dan fungsi tersendiri bagi tubuh.

6. Omega 3 dan 6

Omega 3 dan 6 merupakan jenis asam lemak esensial yang penting namun tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Keduanya dikenal penting dalam perkembangan otak dan juga retina.

Baca Juga: Resep MPASI 7 Bulan Bubur Bola Daging Ayam

Panduan Memberikan MPASI untuk Anak Usia 7 Bulan

Selain memahami apa saja zat gizi penting yang harus terkandung dalam MPASI, Bunda juga harus tahu bagaimana cara memberikan MPASI yang tepat kepada si Kecil usia 7 bulan. Beberapa panduan pemberian MPASI, di antaranya:

  • Pastikan Bunda tetap memberikan ASI, meskipun si Kecil sudah mendapat MPASI. Pemberian ASI bisa dilakukan hingga anak usia 2 tahun.
  • Berikan MPASI secara responsif. Lakukan perlahan dan sabar, serta jangan memaksa anak untuk menelan makanan.
  • Perhatikan kebersihan bahan makanan dan juga peralatan makan si Kecil.
  • Berikan MPASI mulai dari porsi kecil kemudian ditingkatkan secara bertahap sesuai usia dan perkembangan anak.
  • Berikan variasi makanan untuk resep MPASI 7 bulan agar si Kecil tidak cepat bosan dan tetap semangat makan.
  • Menambah frekuensi pemberian MPASI sesuai perkembangan dan kebutuhan anak.
  • Jika anak sakit, tambah asupan cairan, termasuk ASI dan berikan MPASI dengan tekstur lembut.
  • Berikan MPASI fortifikasi maupun suplemen zat gizi bila diperlukan.

Resep MPASI 7 Bulan yang Mudah dan Simple

Agar si Kecil tetap bersemangat saat tiba waktu makan, Bunda harus pintar mengkreasikan resep MPASI 7 bulan simple. Berikut ini beberapa resep MPASI 7 bulan homemade yang Bunda bisa buat sendiri di rumah:

1. Bubur Telur Beras Merah

Bahan:

  • 1 porsi CERELAC Beras Merah
  • 30 gram telur ayam
  • 5 gram tempe kedelai
  • 10 gram wortel
  • 30 ml santan
  • 1 sendok teh minyak kelapa
  • 1 lembar daun salam
  • 1 buah sereh dimemarkan
  • 1 siung bawang putih dihaluskan
  • 1 buah bawang merah dihaluskan

Cara membuat:

  • Tumis bumbu halus bersama daun salam dan sereh. Setelah harum tambahkan air lalu masak hingga mendidih.
  • Tambahkan santan dan telur yang sudah dikocok.
  • Masukkan tempe dan wortel yang sudah dicincang lalu masak hingga lunak.
  • Setelah matang, angkat, lumatkan, kemudian disaring.
  • Tambahkan bubur beras merah lalu aduk rata. Sesuaikan tekstur bubur dengan menambahkan air matang.

Resep MPASI di atas juga bisa menjadi resep MPASI 7 bulan sayuran dengan menambahkan bayam atau brokoli.

Saat Bunda semakin kreatif, maka resep tersebut juga dapat sebagai resep MPASI 7 bulan anti GTM atau gerakan tutup mulut yang biasa dilakukan si Kecil.

Saat Bunda tak punya banyak waktu untuk membuat MPASI homemade dan ingin memberikan MPASI fortifikasi yang nutrisinya sudah terukur, dimana salah satu opsinya adalah Nestlé CERELAC Beras Merah.

CERELAC Bubur Sereal Beras Merah merupakan MPASI instan bergizi lengkap untuk perut Si Kecil. Nestle CERELAC Bubur Sereal Beras Merah tinggi Zat Besi serta diperkaya 11 Vitamin dan 6 Mineral untuk bantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian dan mengomptimalkan tumbuh kembang Si Kecil.

Demikian beberapa resep MPASI 7 bulan yang sehat bergizi untuk anak serta panduan pemberiannya kepada si Kecil. Selamat mencoba, Bunda!

Artikel Lainnya
Sajian MPASI Sesuai Usia si Kecil yang Nikmat dan Bernutrisi 6 bulan

Hal-hal yang Perlu Bunda Pahami Seputar MPASI dan Bubur Nestlé CERELAC

Bingung Pilih MPASI Instan untuk si Kecil? Simak Penjelasan Ini 6 bulan

Bingung Pilih MPASI Instan untuk si Kecil? Simak!

Ini Buah yang Bisa Dikenalkan di MPASI Pertama Si Kecil 6 bulan

Buah yang Bisa Dikenalkan di Awal MPASI