Siapkan Hal Ini Sebelum Mengenalkan Bubur Bayi Pada si Kecil Siapkan Hal Ini Sebelum Mengenalkan Bubur Bayi Pada si Kecil

Siapkan Hal Ini Sebelum Mengenalkan Bubur Bayi Pada si Kecil

26 July 2022
facebook icon whatsapp icon

Saat si Kecil mulai menginjak usia 6 bulan, ia sudah mulai membutuhkan Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI).

Artinya, Bunda sudah mulai dapat memperkenalkan beberapa jenis makanan yang berbeda dengan cara pengolahan yang sesuai dengan usia dan kemampuan si Kecil.

Pada usia 6 bulan, bayi sudah dapat mulai mengonsumsi bubur bayi karena mudah dicerna dan bubur bayi instan dapat diterima bayi yang sedang dalam masa transisi ke makanan keras.

Tanda si Kecil Siap Makan Bubur Bayi

Sebelum mulai mengenalkan bubur bayi sebagai MPASI, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan, antara lain:

  • Bayi sudah berusia 6 bulan
  • Dapat duduk sendiri atau dengan sanggahan
  • Dapat mengontrol leher dan kepalanya
  • Membuka mulut ketika makanan disuapkan
  • Dapat menelan makanan dengan baik alih-alih mengeluarkannya lagi
  • Memasukkan benda ke mulut
  • Dapat menggerakkan makanan dari depan ke belakang lidah untuk menelan

Baca Juga: Tips Mengenalkan MPASI Gurih pada Si Kecil

Masa Perkenalan Terhadap Tekstur Berbeda

Dalam masa peralihan, Bunda dapat mulai mengenalkan makanan dengan secara bertahap, mulai dengan tekstur yang halus.

Mulailah dengan cara menyendokkan bubur bayi sehat secara perlahan ke dalam mulutnya, sedikit demi sedikit hingga dia terbiasa mengonsumsi jenis makanan baru.

Selain mempersiapkan tekstur makanan untuk si Kecil, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Bunda lakukan untuk menjadikan momen pemberian MPASI menjadi lebih mudah:

  1. Lakukan dalam posisi duduk. Bunda dapat memberikan MPASI dengan cara menempatkan si Kecil pada highchair yang memiliki meja lebar dan stabil. Selain itu, pastikan juga posisi si Kecil nyaman sebelum mulai menyuapinya.
  2. Perkenalkan si Kecil pada peralatan makan. Berikan si Kecil sendok bayi untuk dipegang ketika Bunda akan memberinya makan dengan sendok lain.
  3. Jangan memaksa. Jika si Kecil menolak makanan yang Bunda berikan, sebaiknya jangan memaksa mereka untuk tetap memakannya. Perhatikan juga asupan gula dalam bubur bayi yang bagus. Perhatikan juga gula untuk menjaga kadar gula dalam tubuh tetap normal.

Memberi makanan perlu perhatian khusus, jadi pastikan Bunda selalu memberikan yang terbaik bagi si Kecil. Salah satu bubur bayi yang bisa Bunda jadikan pilihan untuk bantu penuhi nutrisi si Kecil adalah CERELAC.

CERELAC merupakan Makanan Pendamping ASI untuk membantu melengkapi nutrisi harian yang tepat dan diperkaya dengan vitamin dan mineral serta protein, omega 3 dan 6, serta zat besi yang tinggi.

Bubur tim CERELAC tersedia untuk anak berusia 6 bulan ke atas dan memiliki berbagai varian, baik bagi yang baru mulai mencoba MPASI yang halus, sedikit kasar, hingga bubur kasar. Untuk anak usia 6 bulan yang baru mulai mengonsumsi MPASI, Bunda bisa memberinya CERELAC Bubur Sereal dengan tekstur lembut dengan berbagai pilihan rasa seperti Beras Merah, Kacang Hijau atau Wortel Bayam Labu.

Bagi si Kecil yang sudah naik tekstur, Bunda bisa memperkenalkannya CERELAC Homestyle Meals Bubur Tim dengan rasa Sayur dan Ayam Wortel. Lalu, saat si Kecil sudah menginjak usia 12 bulan, Bunda juga bisa memperkenalkannya dengan camilan sehat bernutrisi dari CERELAC Nutripuffs dengan rasa Banana & Strawberry dan Banana & Orange.

CERELAC mengandung berbagai nutrisi yang diformulasikan khusus, dibuat dengan bahan terpilih, serta kualitas dan higienisnya terjaga. Tak hanya itu, CERELAC juga dapat bantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian si Kecil.

Jadi, selamat mencoba, ya, Bunda!

Siapkan Hal Ini Sebelum Mengenalkan Bubur Bayi Pada si Kecil