7 Buah yang Baik Dikonsumsi sebagai Makanan Bayi 7 Buah yang Baik Dikonsumsi sebagai Makanan Bayi

7 Buah yang Bisa Mulai Dikenalkan Sebagai Makanan Bayi

10 August 2022
facebook icon whatsapp icon

Pada umumnya setelah menginjak usia 6 bulan, sumber nutrisi bayi tidak lagi terbatas pada ASI. Di usia tersebut, kebutuhan nutrisinya semakin bertambah sehingga dibutuhkan Makanan Pendamping ASI atau MPASI sebagai makanan bayi.[1]

Dengan bertambahnya kebutuhan nutrisi, maka semakin beragam pula jenis makanan yang dikonsumsi oleh si Kecil. Meski demikian, bayi tidak bisa serta merta mengonsumsi sembarang makanan. Bunda tetap perlu menjaga makanan bayi 6 bulan sesuai dengan keterampilannya saat memakan.[2]

Jika keterampilan makan bayi sudah meningkat, maka ini merupakan salah satu tanda bahwa si Kecil bisa naik tekstur MPASI menjadi semakin padat.

Buah yang Bisa Mulai Dikenalkan Sebagai Makanan Bayi

Seperti diketahui, buah-buahan sangat beragam adanya, dan masing-masing memiliki nutrisi yang dapat membantu menopang pertumbuhan anak. Untuk penyajiannya juga berbeda. Seperti tekstur makanan bayi 6 bulan lainnya, penting agar disesuaikan dengan usia.

Untuk buah yang teksturnya empuk, Bunda dapat menghaluskannya sampai teksturnya bisa dimakan. Selain itu, jangan lupa untuk membersihkan buah terlebih dahulu sambil membuang biji, kulit keras, dan benda-benda lainnya yang tidak bisa dimakan si Kecil.

Nah, Bunda, buah apa saja kira-kira yang baik untuk dikonsumsi oleh si Kecil? Berikut di antaranya:

1. Melon

Kandungan airnya yang tinggi juga membuat melon mampu meredakan sembelit dengan cara mempermudah gerakan makanan di saluran pencernaan. Berikan secukupnya agar si Kecil tidak terkena diare. Segera simpan melon di kulkas dan selalu cuci sebelum memotong.[3]

2. Jeruk

Jeruk juga mengandung vitamin C yang tinggi[4] dan dapat digunakan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan bantu penyerapan zat besi[5]. Jeruk juga mengandung serat, antioksidan, vitamin B seperti folat dan betakarotin yang berubah menjadi vitamin A, serta nutrisi khas tanaman lainnya seperti karotenoid, beta kriptoxanthin, dan fenol. [6]

3. Alpukat

Alpukat mudah disajikan dan kaya serat serta lemak-lemak baik yang dibutuhkan oleh sistem pencernaan dan pertumbuhan otak si Kecil. Alpukat juga mengandung folat, vitamin B6, vitamin E, serta zink yang baik untuk kekebalan tubuh[7]

Baca Juga: 6 Tips Mengenalkan MPASI Gurih pada Si Kecil

4. Pisang

Pisang adalah buah yang kaya akan karbohidrat,[8] folat, vitamin B6[9], vitamin C[10], antioksidan, serat, serta potasium[11]. Seluruh nutrisi ini bekerja sama untuk memberi energi pada tubuh sekaligus mendukung kinerja sistem saraf, kesehatan kulit, dan penyerapan zat besi.

5. Buah Naga

Buah naga merupakan buah rendah kalori yang mengandung antioksidan, kalsium, zat besi, vitamin B, vitamin C[12]

6. Mangga

Mangga juga kaya akan vitamin C, vitamin B6[13], dan betakarotin [14] yang dapat dikonversi jadi vitamin A untuk kesehatan mata [15]yang prima dan sistem kekebalan tubuh yang kuat[16]. Secara keseluruhan, mangga mengandung nutrisi yang tinggi dan lengkap.

7. Apel

Apel mengandung banyak serat, vitamin C[17], vitamin B6[18], serta berbagai antioksidan yang membuat apel jadi salah satu buah paling bernutrisi di antara yang lainnya. Apel juga sangat mudah ditemukan di manapun.

Tidak lupa, pastikan Bunda membuang biji dan mencucinya hingga bersih sebelum diberikan sebagai makanan bayi, ya.

Apapun buahnya, perlu diingat agar tidak memberikannya secara utuh, ya Bunda!

Pastikan agar buah tersebut dipotong atau dihaluskan hingga mencapai tekstur yang dapat dimakan. Bunda juga dapat mengombinasikan buah-buahan pilihan dengan MPASI sebagai makanan bayi 6 bulan seperti bubur bayi atau sereal bayi sehingga menambah nutrisi serta memperkenalkan lebih banyak jenis makanan setiap saatnya. Jika Bunda sedang mencari ide MPASI untuk si Kecil, Bunda bisa mengunjungi halaman resep Kami di sini.

Selain dari buah-buahan di atas, memberikan MPASI fortifikasi juga bisa menjadi salah satu pilihan.  CERELAC yang dibuat dari bahan alam pilihan dan mengandung zat besi, vitamin, mineral, omega 3 dan 6, serta nutrisi lainnya bisa membantu Bunda dalam pemenuhan nutrisi harian si Kecil.

Bagi anak berusia 6 bulan yang baru mulai mengonsumsi MPASI, Bunda dapat memberikan bubur CERELAC. CERELAC memiliki berbagai varian lain yang bisa Bunda jadikan pilihan sesuai dengan kesukaan si Kecil.

Berbagai jenis CERELAC Bubur Sereal dapat dimakan dengan sendirinya atau dikombinasikan dengan buah-buahan di atas. Selamat mencoba ya, Bunda!

 

Referensi:

[1] IDAI. Rekomendasi Praktik Pemberian Makanan Berbasis Bukti pada Bayi dan Batita di Indonesia untuk Mencegah Malnutrisi. UKK Nutrisi dan Penyakit Metabolik IDAI. 2015

[2] IDAI. Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). UKK Nutrisi dan Penyakit Metabolik IDAI. 2018

[3] Kemenkes RI. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Tentang Pedoman Gizi Seimbang. 2014

[4] Kemenkes RI. Data Komposisi Pangan Indonesia. https://www.panganku.org/id-ID. Diakses pada 27 Juli 2022

[5] Kemenkes RI. Kontrobusi Asupan Zat besi dan Vitamin C Terhadap Status Anemia Gizi Besi Pada Balita Indonesia. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. 2018

[6] Weng, M. (n.d.). Can babies eat oranges: What parents need to know. Healthline. https://www.healthline.com/health/parenting/babies-eat-oranges

[7] The Forgotten Fruit: A Case for Consuming Avocado Within the Traditional Mediterranean Diet

Nikki A. Ford, Ann G. Liu

Front Nutr. 2020; 7: 78. Published online 2020 May 29

[8] Kemenkes RI. Data Komposisi Pangan Indonesia. Dari :  Kemenkes RI. Data Komposisi Pangan Indonesia. Dari :  https://www.panganku.org/id-ID/semua_nutrisi. Diakses pada 11/07/22

[9] USDA. Bananas, ripe and slightly ripe. Dari : https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/1105314/nutrients. Diakses pada 11/07/22

[10] Kemenkes RI. Data Komposisi Pangan Indonesia. Dari :  Kemenkes RI. Data Komposisi Pangan Indonesia. Dari :  https://www.panganku.org/id-ID/semua_nutrisi. Diakses pada 11/07/22

[11] USDA. Bananas, ripe and slightly ripe. Dari : https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/1105314/nutrients. Diakses pada 11/07/22

[12] Data Komposisi Pangan Indonesia. Dari :  Kemenkes RI. Data Komposisi Pangan Indonesia. Dari :  https://www.panganku.org/id-ID/semua_nutrisi. Diakses pada 11/07/22

[13] USDA. Mango. Dari : https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/1102670/nutrients. Diakses pada 11/07/22

[14] Savarino G, et al. Ital J Pediatr. 2021 May 8;47(1):109

[15] Savarino G, et al. Ital J Pediatr. 2021 May 8;47(1):109

[16] Gombart AF, et al. Nutrients. 2020 Jan 16;12(1):236.

[17] Boyer J, Liu RH. Nutr J. 2004; 3: 5.

[18] USDA. Apples, fuji, with skin. Dari : https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/1750340/nutrients. Diakses pada 11/07/22