Tips Mengenali Tahapan Tekstur MPASI Si Kecil Tips Mengenali Tahapan Tekstur MPASI Si Kecil

Yuk, Cari Tahu Tekstur Makanan Bayi 6 Bulan dan Aturan Makannya

Mulai usia 6 bulan
02 February 2021
Mulai usia 6 bulan
02 February 2021

Bunda mungkin sudah tak sabar menyiapkan MPASI (Makanan Pendamping ASI) pertama untuk si Kecil. Selain mencari tahu bahan dan resep, Bunda perlu mengenali tekstur MPASI yang cocok untuk si Kecil dan tahapan pemberiannya.

Ada 2 prinsip penting yang perlu Bunda ingat. Prinsip pertama, tekstur makanan bayi 6 bulan lebih lembut dari usia di atasnya. Prinsip kedua, tekstur MPASI bayi akan berubah lebih kental secara bertahap seiring pertumbuhan si Kecil. [1]

Untuk memahami kedua hal ini, yuk, simak penjelasan berikut, Bunda!

Kenali Jenis Tekstur MPASI

Bunda perlu mengenal lebih dulu tekstur MPASI yang tepat untuk MPASI pertama bagi si Kecil. Dengan begitu, Bunda bisa mencari tahu cara naik tekstur MPASI secara bertahap.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan bahwa tekstur atau konsistensi MPASI yang sesuai usia dan diberikan secara bertahap akan memberikan hasil pertumbuhan anak yang optimal.[2]

Pemberian MPASI yang tidak sesuai dengan usia dan perkembangan si Kecil dapat memberikan beberapa dampak[3].

Dari jenisnya, terdapat enam tekstur menu MPASI si Kecil yakni puree, mashed, minched, chopped, finger foods, dan makanan keluarga.[4] Fase pertama adalah MPASI saring (puree) dan jika si Kecil sudah bisa naik tekstur, Bunda bisa memberikan makanan bertekstur lumat (mashed). [5]

Untuk mendapatkan tekstur ini, Bunda bisa menghaluskan makanan dengan saringan atau blender.

Secara bertahap, Bunda dapat memberikan puree dari yang dicairkan dengan ASI, kemudian puree yang lebih padat. [6]

Tahap berikutnya adalah MPASI bertekstur cincang halus (minced). Misalnya, makanan yang dicincang halus seperti tahu cincang, atau keju yang juga dicincang.[7]

Bunda dapat menyiapkan tekstur ini sejak mempersiapkan bahan makanan. Dibanding mencincang makanan yang sudah jadi, Bunda bisa melakukannya terlebih dahulu saat bahan makanan masih mentah.

Dengan begitu, Bunda perlu benar-benar memastikan tekstur MPASI sudah tepat saat akan diberikan pada si Kecil.

Sejak usia 6 hingga 12 bulan, Bunda dapat terus memperkenalkan berbagai jenis makanan untuk Si Kecil. Hal ini juga berlaku untuk tekstur makanannya yang perlahan-lahan ditingkatkan. Sehingga, tahap terakhir adalah menu keluarga. Contohnya adalah potongan buah, roti, atau keju yang dipotong dadu. Tekstur ini sama dengan yang dikonsumsi orang dewasa sehingga Bunda tidak perlu repot-repot memasak atau mempersiapkannya secara khusus untuk anak berusia 12-23 bulan.

Ingat, Si Kecil akan terus berkembang dalam proses makan, beralih dari tekstur satu ke lainnya. Hal ini terjadi sebagai proses belajar mengunyah makanan.

Meski begitu, perlu dicatat bahwa setiap anak berkembang dalam kecepatannya masing-masing. Tidak perlu membandingkannya dengan anak lain. Bunda hanya perlu cukup bersabar dengan kemajuan si Kecil sambil terus menawarkan tekstur baru.

Baca Juga: Tips Menyiapkan Bubur Tim untuk Si Kecil

Tanda si Kecil Siap Naik Tekstur

Saat berusia 8 bulan, si Kecil sudah mulai bisa naik ke tekstur lebih padat seperti bubur lumat atau mashed. Tekstur lumat atau mashed diberikan saat si Kecil sudah mulai belajar mengunyah. Umumnya ini ditandai ketika si Kecil sudah berusia 9-12 bulan.

Selain itu, pada usia ini bayi biasanya sudah mulai tumbuh gigi[8]. Pada saat ini si Kecil sudah belajar mengunyah makanan dengan tekstur lebih padat.

Tekstur makanan yang dimaksud adalah sudah sama seperti menu makanan keluarga yang dimakan oleh seluruh anggota keluarga lainnya.

Pada usia ini, si Kecil sudah terbiasa diberikan makanan dengan berbagai variasi tekstur dan menu. Meski begitu, biasanya si Kecil sudah bisa mengunyah tapi belum sempurna.[9]

Ketika memasuki usia ini, ia akan memasuki masa penting untuk dikenalkan dengan berbagai macam tekstur makanan. Selama masa transisi ini, si Kecil mungkin menolak untuk makan atau justru memuntahkannya.

Bila hal ini terjadi, tandanya ia belum siap untuk naik tekstur karena merasa makanannya terlalu padat atau kental. Paling tidak, si Kecil butuh 10-15 kali mencoba tekstur baru untuk bisa menerimanya.[10] Oleh sebab itu, Bunda perlu stok kesabaran ekstra.

Itulah tips yang bisa Bunda lakukan untuk mengenali tekstur MPASI pertama yang sesuai kebutuhan nutrisi si Kecil. Dengan mengenali tekstur makanan bayi 6 bulan hingga 1 tahun ke atas, semoga memudahkan Bunda mengkreasikan menu Cerelac MPASI, ya!


[1] IDAI. Makanan Pendamping ASI (MPASI). Dari : https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/makanan-pendamping-asi-mpasi. Diakses pada 21/09/2022

[2] WHO. Complementary feeding. Dari : https://www.who.int/health-topics/complementary-feeding#tab=tab_2. Diakses pada 23/08/22

[3] IDAI. Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). UKK Nutrisi dan Penyakit Metabolik IDAI. 2018

[4] IDAI. Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). UKK Nutrisi dan Penyakit Metabolik IDAI. 2018

[5]IDAI. Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). UKK Nutrisi dan Penyakit Metabolik IDAI. 2018

[6] IDAI. Adaptasi Bayi terhadap Rasa dan Makanan. Dari : https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/adaptasi-bayi-terhadap-rasa-dan-makanan.

[7] IDAI. Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). UKK Nutrisi dan Penyakit Metabolik IDAI. 2018

[8] Carruth BR, Skinner JD. J Am Coll Nutr. 2002 Apr;21(2):88-96

[9] IDAI. Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). UKK Nutrisi dan Penyakit Metabolik IDAI. 2018

[10] IDAI. Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). UKK Nutrisi dan Penyakit Metabolik IDAI. 2018

Artikel Lainnya
Perhatikan Bunda, Ini Tanda Si Kecil Kekurangan Gizi 6 bulan

Penyebab dan Tanda Anak Kurang Gizi yang Perlu Bunda Perhatikan

Ini Buah yang Bisa Dikenalkan di MPASI Pertama Si Kecil 6 bulan

Buah yang Bisa Dikenalkan di Awal MPASI

Kenali Tahapan Si Kecil Belajar Duduk 6 bulan

Kapan Bayi Bisa Duduk Sendiri? Ini Tahapan Si Kecil Belajar Duduk