Bingung Menentukan Resep Makanan Bayi 6 Bulan yang Bergizi? Simak Tips Berikut Ini! Bingung Menentukan Resep Makanan Bayi 6 Bulan yang Bergizi? Simak Tips Berikut Ini!

Simak Bahan Resep Makanan Bayi 6 Bulan yang Bergizi di Sini

Mulai usia 6 bulan
21 October 2022
Mulai usia 6 bulan
21 October 2022

Saat si Kecil memasuki usia 6 bulan, Bunda tentu akan bersemangat mengiringinya memasuki fase baru. Ya, pada usia ini si Kecil memasuki fase MPASI atau mulai mengonsumsi makanan yang lebih padat.

Fase ini juga menjadi sangat penting mengingat setelah usia 6 bulan, kebutuhan nutrisi si Kecil tidak dapat terpenuhi hanya dari ASI. Hal ini yang membuat MPASI pada usia ini sangat penting untuk memastikan tumbuh kembangnya optimal.[1]

Sayangnya, pada saat memulai MPASI tidak sedikit Bunda yang bingung harus memberi makanan seperti apa pada si Kecil. Salah satu kebingungan yang kerap dijumpai adalah seperti apa resep makanan bayi 6 bulan yang bergizi?

Tidak perlu bingung, Bunda, karena ada banyak jenis makanan yang baik dan bergizi untuk bayi. [2]

Menu Makanan Bayi 6 Bulan yang Bergizi

Sejak usia 6 bulan, si Kecil perlu mengenal berbagai jenis makanan sumber karbohidrat, protein (daging, ayam, telur, ikan, tahu, tempe), sayuran, serta buah-buahan.[3]

Bunda perlu memperhatikan bahwa menu yang disiapkan sudah adekuat. MPASI yang adekuat menurut IDAI adalah memenuhi kebutuhan energi, protein, dan mikronutrien si Kecil[4].

Nutrisi penting lainnya yang tidak boleh terlewat dalam makanan bayi umur 6 bulan yang bergizi adalah zat besi dan zinc. Kandungan kedua nutrisi ini banyak ditemukan dalam daging, kacang-kacangan, dan juga gandum[5].

Tapi, mendapatkan bahan-bahan untuk resep MPASI bayi 6 bulan yang bergizi dan adekuat bukan hal yang susah lho, Bunda. UNICEF mengingatkan menu MPASI adekuat tidak harus mahal dan susah dicari.

Justru, bahan pangan untuk MPASI adekuat harus memperhatikan ketersediaan yang mudah diakses dari lokasi tempat tinggal Bunda[6]. Tentunya tidak meninggalkan pemilihan bahan pangan dari nilai gizinya yang baik.

Bahan dan Olahan Resep Makanan Bayi 6 Bulan yang Bergizi

Untuk menghasilkan bubur bayi terbaik usia 6 bulan, Bunda juga perlu memperhatikan himbauan dari UNICEF. Sebagai organisasi yang fokus pada anak-anak, UNICEF mengingatkan bahwa makanan pertama si Kecil sangat penting dipenuhi dengan nutrisi[7].

Untuk itu, nutrisi baik bisa Bunda dapat dari berbagai jenis makanan berikut ini:

Sayur dan Buah (Serat)

Berbagai jenis sayuran baik untuk si Kecil. Bunda bisa menyiapkan bubur saring dari sayuran berwarna dengan cara mengukus atau merebusnya kemudian dihaluskan.

Beberapa jenis sayuran yang bisa Bunda pertimbangkan seperti wortel, labu, dan ubi jalar. Bunda dapat mengolah berbagai sayuran berdasarkan kreasi dan pengalaman memasak sendiri. Bunda juga bisa mencari ide menu MPASI bayi 6 bulan berbahan sayuran dari berbagai sumber. 

Puree buah juga dapat menjadi salah satu jenis makanan yang Bunda berikan pada si Kecil. Rasa buah yang manis dan segar tentu akan mudah disukai anak-anak. Selain rasanya, buah juga kaya akan nutrisi baik untuk pertumbuhan si Kecil.

Protein

Protein menjadi bagian sangat penting dalam menu MPASI. Protein dibutuhkan untuk pertumbuhan tubuh si Kecil serta untuk perkembangan otaknya[8].

Baik protein hewani maupun nabati dibutuhkan oleh si Kecil untuk tumbuh kembangnya. Protein hewani dapat berupa daging, ayam, ikan, dan telur. Sedangkan protein nabati berupa tahu, tempe, dan lain sebagainya.

Untuk protein hewani, IDAI mengingatkan bahwa daging, ayam, ikan, dan telur harus benar-benar matang sebelum diberikan pada si Kecil.[9]

Baca Juga: 6 Cara Mengolah Protein dan Hewani untuk MPASI Bayi

Karbohidrat

Karbohidrat menjadi makanan pokok dari banyak makanan, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. [10]Hal ini juga berlaku untuk MPASI.

Pada MPASI, untuk memastikan nilai energi yang dibutuhkan si Kecil tercapai, karbohidrat harus disiapkan dalam bentuk mudah dicerna[11]. Sebagai contoh, beras sebagai sumber karbohidrat bisa Bunda olah menjadi bubur. Untuk itu, Bunda bisa mencari berbagai inspirasi menu MPASI 6 bulan dengan variasi kreativitas olahan.

Mikronutrien

Tak hanya itu, Bunda juga perlu memerhatikan kandungan mikronutrient pada MPASI. Dengan demikian, Bunda bisa mulai berkreasi menghasilkan menu MPASI 6 bulan yang sehat. Pastikan bahan makanan yang diolah mengandung berbagai kandungan gizi di atas.

Salah satu menu resep MPASI bayi 6 bulan yang bisa Bunda berikan pada si Kecil adalah Nestlé CERELAC Bubur Sereal. Sebagai MPASI instan bergizi, Nestlé CERELAC Bubur Sereal terbuat dari bahan alam dikeringkan dan hadir dalam berbagai varian rasa.

Selain punya banyak pilihan rasa, Nestlé CERELAC Bubur Sereal sudah lengkap dengan berbagai kebutuhan nutrisi harian si Kecil seperti lemak, protein, karbohidrat, serta serat pangan seperti yang tersedia dalam CERELAC Homestyle Bubur Tim Ayam Bawang ataupun CERELAC Homestyle Tim Sayur.

Tidak hanya itu,  Nestlé CERELAC Bubur Sereal  juga diperkaya 11 Vitamin dan 6 Mineral, Omega 3 dan 6, serta tinggi Zat Besi untuk bantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian dan mendukung tumbuh kembang si Kecil.

Nestlé CERELAC Bubur Sereal merupakan salah satu pilihan resep makanan bayi 6 bulan yang bergizi. Dengan proses penyiapan yang lebih singkat, Nestlé CERELAC Bubur Sereal juga membantu Bunda memiliki waktu tambahan untuk berinteraksi dengan si Kecil.

 

Referensi:

[1] IDAI. Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). UKK Nutrisi dan Penyakit Metabolik IDAI. 2018

[2] IDAI. Memberi Makan pada Bayi: Kapan, Apa, dan Bagaimana?. Dari : https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/memberi-makan-pada-bayi-kapan-apa-dan-bagaimana

[3] DAI. Memberi Makan pada Bayi: Kapan, Apa, dan Bagaimana?. Dari : https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/memberi-makan-pada-bayi-kapan-apa-dan-bagaimana.  Diakses pada 12/08/2022

[4] https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/pemberian-makanan-pendamping-air-susu-ibu-mpasi

[5] Kemenkes RI. Data Komposisi Pangan Indonesia. Dari :  https://www.panganku.org/id-ID/semua_nutrisi.

[6] https://www.unicef.org/media/93981/file/Complementary-Feeding-Guidance-2020.pdf

[7] Youtube UNICEF: First Foods Master Class with Dr Purnima Menon UNICEF, https://www.youtube.com/watch?v=YBr6BZ6qL18

[8] Harvard health publishing. The Crucial Brain Foods All Children Need. Dari : https://www.health.harvard.edu/blog/brain-food-children-nutrition-2018012313168.  Diakses pada 12/08/2022

[9] IDAI. Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). UKK Nutrisi dan Penyakit Metabolik IDAI. 2018

[10] Kemenkes RI. Isi Piringku. Dari :  https://kesmas.kemkes.go.id/konten/133/0/062511-isi-piringku

[11] https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5065977/

Artikel Lainnya
Perhatikan Bunda, Ini Tanda Si Kecil Kekurangan Gizi 6 bulan

Penyebab dan Tanda Anak Kurang Gizi yang Perlu Bunda Perhatikan

Ini Buah yang Bisa Dikenalkan di MPASI Pertama Si Kecil 6 bulan

Buah yang Bisa Dikenalkan di Awal MPASI

Kenali Tahapan Si Kecil Belajar Duduk 6 bulan

Kapan Bayi Bisa Duduk Sendiri? Ini Tahapan Si Kecil Belajar Duduk