Bunda, Yuk, Simak Takaran MPASI 6 Bulan yang Tepat Berikut Ini! Bunda, Yuk, Simak Takaran MPASI 6 Bulan yang Tepat Berikut Ini!

Bunda, Yuk, Simak Takaran MPASI 6 Bulan yang Tepat Berikut Ini!

Mulai usia 6 bulan
22 February 2023
Mulai usia 6 bulan
22 February 2023

Saat usia si Kecil sudah 6 bulan, mereka membutuhkan asupan tambahan lain untuk mencukupi nutrisi sebagai penopang tumbuh kembangnya.[1] Makanan padat ini disebut dengan istilah makanan pendamping ASI (MPASI).

Ciri si Kecil siap mendapat MPASI antara lain kepala sudah tegak, duduk dengan bantuan, refleks menjulurkan lidah berkurang,  tertarik melihat orang makan, mencoba meraih makanan, dan membuka mulut jika disodori sendok/makanan[2].

Tapi, berapa banyak takaran MPASI 6 bulan yang tepat? Karena disebut makanan pendamping ASI, Bunda tentunya perlu memperhatikan porsinya jika dibandingkan dengan pemberian ASI.

Apalagi pemberian ASI masih direkomendasikan hingga si Kecil berusia 2 tahun. Bagaimanapun, ASI memiliki nutrisi penting untuk tumbuh kembang si Kecil[3].

Jadi, dalam artikel ini kita akan membahas berbagai hal mengenai MPASI, termasuk  porsi makan MPASI, berapa banyak takaran MPASI bayi 6 bulan, hingga aturan makan MPASI 6 bulan.

Kebutuhan Gizi Anak 6 Bulan

Si Kecil membutuhkan makanan bergizi yang cukup untuk tumbuh sehat, kuat, dan cerdas. Oleh karena itu, MPASI berfungsi untuk memberi nutrisi atau gizi tambahan sejak usia 6 bulan. Ada beberapa vitamin dan mineral yang berperan penting dalam tumbuh kembang si Kecil, antara lain[4]:

  1. Kalsium, membantu pembentukan gigi dan tulang anak.
  2. Lemak, membantu menciptakan energi, membantu perkembangan otak, menjaga kesehatan kulit dan rambut, serta melindungi dari infeksi.
  3. Zat besi, membantu membangun sel darah dan membantu perkembangan otak. Si Kecil memerlukan tambahan zat besi dari makanan padat lain karena ASI hanya mengandung sedikit zat besi.
  4. Zinc, membantu pertumbuhan dan perbaikan sel.
  5. Vitamin C berguna untuk melindungi dari infeksi, membangun tulang dan otot, serta membantu penyembuhan luka.
  6. Vitamin A, berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit, rambut, penglihatan, dan sistem kekebalan tubuh.
  7. Vitamin D, membantu tubuh menyerap kalsium dari makanan, serta menjaga kesehatan tulang dan gigi. Bayi yang disusui mungkin membutuhkan suplemen D.
  8. Vitamin E, melindungi sel dari kerusakan dan memperkuat daya tahan tubuh.
  9. Vitamin K, membantu pembekuan darah.

Baca Juga: Fakta MPASI Menu 4 Bintang yang Perlu Diperhatikan

Perut Kenyang Belum Tentu Nutrisinya Terpenuhi

MPASI tak hanya sekadar membuat anak lebih kenyang. Namun menyediakan nutrisi tambahan untuk memenuhi kebutuhan gizi si Kecil yang sedang tumbuh.

Saat usia bayi sudah lebih dari 6 bulan, si Kecil membutuhkan lebih banyak vitamin, mineral, protein, dan karbohidrat yang tidak cukup didapatkan hanya lewat ASI, tetapi juga butuh tambahan dari makanan pendamping ASI2.

Selain itu, pemberian MPASI bertujuan untuk melatih dan membiasakan bayi mengonsumsi makanan yang mengandung zat gizi yang dibutuhkan tubuh. MPASI juga membantu bayi untuk belajar mengunyah dan menelan makanan[5].

Takaran MPASI 6 Bulan

Di awal pemberian MPASI, Bunda tetap perlu menerapkan menu yang berpedoman dengan gizi seimbang ya 2. Untuk menyiapkan MPASI awal, buatlah makanan yang dihaluskan dan disaring sehingga teksturnya sangat lembut. Saat keterampilan mengunyah si Kecil berkembang, Bunda bisa mengenalkan makanan yang lebih kental dan padat sesuai dengan tahapan umurnya[6].

Selain itu, Bunda juga dapat mencoba memberikan satu bahan makanan yang sama dalam menu tersebut untuk 3-5 hari. Ini untuk mengetahui apakah si Kecil memiliki alergi terhadap makanan tertentu[7].

Takaran MPASI 6 bulan diberikan secara bertahap. Pada usia 6-9 bulan, bayi dapat makan 3 sendok makan hingga setengah mangkuk ukuran 250 ml. 

Porsi MPASI untuk bayi 6 bulan pertama bisa Bunda mulai dengan 2 sendok makan sambil melihat respons si Kecil. Kemudian secara bertahap tingkatkan porsi menjadi 3 sendok setiap kali makan[8].

Untuk memberikan MPASI pertama yang bergizi, Bunda juga bisa menyiapkan Nestlé CERELAC Bubur Sereal dengan berbagai varian rasa. Nestlé CERELAC Bubur Sereal merupakan MPASI instan bergizi lengkap yang terbuat dari bahan alam yang dikeringkan.

Dengan kandungan 11 Vitamin, 6 Mineral, Omega 3, Omega 6, dan tinggi Zat Besi, Nestlé CERELAC Bubur Sereal bantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian dan mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil.

Jadi, mudah bukan membuat takaran MPASI 6 bulan, Bunda? Selamat mencoba ya!


Referensi:

[1] IDAI. Makanan Pendamping ASI (MPASI). Dari : https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/makanan-pendamping-asi-mpasi. Diakses pada 14/02/2023

[2] IDAI. Memberi Makan pada Bayi: Kapan, Apa, dan Bagaimana?. Dari : https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/memberi-makan-pada-bayi-kapan-apa-dan-bagaimana. Diakses pada 14/02/2023

[3] IDAI. Air Susu Ibu dan Tumbuh Kembang Anak. Dari : https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/air-susu-ibu-dan-tumbuh-kembang-anak. Diakses pada 14/02/2023

[4] IDAI. Rekomendasi Praktik Pemberian Makanan Berbasis Bukti pada Bayi dan Batita di Indonesia untuk Mencegah Malnutrisi. UKK Nutrisi dan Penyakit Metabolik IDAI. 2015

[5] KEMENKES RI. Apa itu MPASI? Apa Pengaruhnya untuk Perkembangan Bayi?. Dari: https://promkes.kemkes.go.id/?p=8929  Diakses pada 17/12/2022

[6] CDC. When, What, and How to Introduce Solid Foods. Dari: https://www.cdc.gov/nutrition/infantandtoddlernutrition/foods-and-drinks/when-to-introduce-solid-foods.html  Diakses pada 17/12/2022

[7] CDC. Improving Young Children’s Diets During the Complementary Feeding Period. Dari : https://www.cdc.gov/nutrition/infantandtoddlernutrition/foods-and-drinks/when-to-introduce-solid-foods.html. Diakses pada 14/02/2023

[8]IDAI. Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). Dari: https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/pemberian-makanan-pendamping-air-susu-ibu-mpasi Diakses pada 17/12/2022 Revisi : IDAI. IDAI. Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). UKK Nutrisi dan Penyakit Metabolik IDAI. 2018

Artikel Lainnya
Sajian MPASI Sesuai Usia si Kecil yang Nikmat dan Bernutrisi 6 bulan

Hal-hal yang Perlu Bunda Pahami Seputar MPASI dan Bubur Nestlé CERELAC

Bingung Pilih MPASI Instan untuk si Kecil? Simak Penjelasan Ini 6 bulan

Bingung Pilih MPASI Instan untuk si Kecil? Simak!

Perhatikan Bunda, Ini Tanda Si Kecil Kekurangan Gizi 6 bulan

Penyebab dan Tanda Anak Kurang Gizi