Sumber Karbohidrat untuk MPASI Pertama si Kecil Sumber Karbohidrat untuk MPASI Pertama si Kecil

Sumber Karbohidrat untuk MPASI Pertama Si Kecil

Mulai usia 6 bulan
14 February 2023
Mulai usia 6 bulan
14 February 2023

Kebutuhan gizi anak terus bertambah seiring dengan pertambahan usianya. Saat menginjak usia 6 bulan, asupan ASI saja tak lagi mampu memenuhi kebutuhan gizi harian si Kecil. Maka dari itu, Bunda perlu memberikan makanan pendamping ASI atau MPASI.[1]

Salah satu kandungan gizi yang penting dalam MPASI adalah karbohidrat.[2] Lalu, apa saja sih manfaat karbohidrat bagi si Kecil? Dan apa saja bahan makanan yang bisa menjadi sumber karbohidrat untuk MPASI pertama?

Kebutuhan Karbohidrat Si Kecil

MPASI yang diberikan untuk si Kecil harus berkualitas dan mengandung gizi seimbang, yakni mencakup sumber karbohidrat, protein, lemak, buah atau sayur. Komposisi karbohidrat dalam MPASI untuk bayi usia 6-11 bulan adalah 35-60% dari total kalori yang dibutuhkan si Kecil.[3]

Sementara, menurut Kementerian Kesehatan RI, angka kecukupan gizi (AKG) karbohidrat untuk bayi usia 6-11 bulan adalah 105 gram per hari. Jumlah tersebut menjadikan karbohidrat sebagai makronutrien yang cukup besar, seperti protein (15 gram per hari) dan lemak total (35 gram per hari).[4]

MPASI untuk si Kecil tentu juga harus mengandung gizi vitamin dan mineral agar kebutuhan nutrisi hariannya terpenuhi dan anak dapat tumbuh berkembang secara optimal.

Baca Juga: Jadwal Makan MPASI 6 Bulan

Sumber Karbohidrat untuk MPASI Pertama[5]

Berikut ini beberapa bahan makanan sumber karbohidrat yang dapat diolah menjadi MPASI untuk si Kecil:

Beras Putih

Beras merupakan salah satu sumber karbohidrat yang bisa diolah menjadi MPASI pertama. Bunda juga bisa menyesuaikan teksturnya sesuai dengan usia si Kecil. Nasi juga merupakan sumber serat, magnesium, vitamin B1 dan B6, selenium, serta fosfor.

Jagung

Jagung juga merupakan sumber karbohidrat yang cocok untuk MPASI si Kecil. Selain karbohidrat, di dalam jagung terkandung protein, vitamin B, serat, zat besi, zink, dan kalium. Untuk resep menu MPASI, Bunda bisa menggunakan jagung yang sudah dipipil, kemudian dikukus dan dihaluskan.

Kentang

Kentang merupakan salah satu bahan makanan yang cocok digunakan sebagai MPASI si Kecil karena teksturnya yang lembut setelah dimasak. Di dalam 100 gram kentang terdapat sekitar 13,5 gram karbohidrat. Juga mengandung protein, serat, vitamin C, magnesium, dan asam folat. Untuk kebutuhan MPASI pertama si Kecil, Bunda bisa mengolah kentang menjadi puree yang lembut.

Labu

Labu memiliki rasa yang manis dan tentu disukai si Kecil. Di dalam labu terdapat berbagai nutrisi, seperti karbohidrat, protein, lemak, serat, zat besi, dan vitamin A, C, E, K, hingga vitamin B6. Labu yang telah dimasak juga memiliki tekstur lembut sehingga cocok sebagai resep MPASI menu lengkap untuk si Kecil.

Ubi dan Singkong

Beberapa jenis umbi, termasuk ubi dan singkong, juga dapat diolah menjadi MPASI. Singkong kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh anak.

Dalam singkong yang telah dimasak terdapat karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin C, vitamin B6, kalium, dan magnesium. Perlu diingat bahwa singkong harus dimasak hingga matang karena jika dikonsumsi mentah berisiko menimbulkan keracunan.

Selain mengolah berbagai bahan makanan sumber karbohidrat tersebut menjadi MPASI, Bunda juga bisa memberikan bubur instan sebagai pilihan MPASI untuk si Kecil. Bunda bisa memberikan Nestle CERELAC Bubur Sereal Beras Merah untuk anak mulai usia 6 bulan.

Nestle CERELAC Bubur Sereal Beras Merah merupakan MPASI instan yang bergizi lengkap dan baik untuk perut si Kecil. Terbuat dari beras dan beras merah yang menjadi sumber karbohidrat.

Selain itu juga tinggi Zat Besi, dilengkapi Omega 3 & 6, serta diperkaya 11 Vitamin dan 6 Mineral, untuk bantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian dan mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil.

Nestle CERELAC Bubur Sereal Beras Merah cocok diberikan sebagai MPASI pertama si Kecil. Selamat mencoba, ya Bunda!


Referensi:

[1] IDAI. Makanan Pendamping ASI (MPASI). Dari : https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/makanan-pendamping-asi-mpasi. Diakses pada 11/14/22

[2] IDAI. Nutrisi pada Bayi dan Batita di Era New Normal Pandemi Covid 19. Dari: https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/nutrisi-pada-bayi-dan-batita-di-era-new-normal-pandemi-covid-19. Diakses pada: 11/14/22

[3] IDAI. Nutrisi pada Bayi dan Batita di Era New Normal Pandemi Covid 19. Dari : https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/nutrisi-pada-bayi-dan-batita-di-era-new-normal-pandemi-covid-19. Diakses pada 26/10/2022

[4] JDIH BPK RI. Permenkes No. 28 Tahun 2019 tentang Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan untuk Masyarakat Indonesia. Dari : https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/138621/permenkes-no-28-tahun-2019. Diakses pada 27/10/2022     Penulisan referensi yang benar = Menkes RI. 2019. Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 28 Tahun 2019 tentang Angka Kecukupan Gizi Yang Dianjurkan Untuk Masyarakat Indonesia.

[5] Kemenkes RI. Data Komposisi Pangan Indonesia. Dari :  https://www.panganku.org/id-ID/semua_nutrisi. Diakses pada 25/01/2022

Artikel Lainnya
Sajian MPASI Sesuai Usia si Kecil yang Nikmat dan Bernutrisi 6 bulan

Hal-hal yang Perlu Bunda Pahami Seputar MPASI dan Bubur Nestlé CERELAC

Manfaat Bubur untuk si Kecil dan Cara Tepat Mengenalkannya 6 bulan

Manfaat Bubur untuk si Kecil dan Cara Tepat Mengenalkannya

Bingung Pilih MPASI Instan untuk si Kecil? Simak Penjelasan Ini 6 bulan

Bingung Pilih MPASI Instan untuk si Kecil? Simak!